Virus Corona

Di Mata Najwa, JK Blak-blakan Setujui Fatwa MUI soal Larangan Salat Jumat jika Terjadi Hal Ini

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) angkat bicara soal wabah Corona yang telah menjangkit ratusan warga Indonesia.

Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (kanan) dan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zaitun Rasmin menyampaikan keterangan pers terkait Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Covid-19, di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Selasa (17/3/2020). Fatwa MUI tersebut mengatur di antaranya membolehkan masyarakat untuk mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 bagi orang-orang sehat dan melarang sementara pelaksanaan ibadah yang membuat konsentrasi massa bagi umat Islam di wilayah di mana kondisi penyebaran virus corona sudah tak terkendali. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) angkat bicara soal wabah Virus Corona yang telah menjangkit ratusan warga Indonesia.

Dilansir TribunWow.com, JK menyebut pemerintah perlu melakukan tes kesehatan terhadap semua warga demi menangkal penularan virus dengan nama lain Covid-19 itu.

Tak hanya itu, JK bahkan turut menanggapi soal imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelarangan ibadah salat Jumat.

Menurut dia, pelarangan salat Jumat itu berlaku di daerah yang memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Hal tersebut disampaikan JK melalui panggilan video di acara Mata Najwa, Rabu (18/3/2020).

"Artinya untuk itu harus betul-betul tes lebih banyak lagi, kalau bisa ratusan ribu dengan penduduk yang besar gini kan," ujar JK.

"Terus kita terbuka untuk memberikan kesempatan yang mampu untuk tes."

Lantas, JK bahkan mengaku turut menghadiri pertemuan MUI yang membahas soal larangan salat Jumat.

Ia menjelaskan, MUI melarang warga yang tengah sakit untuk datang ke masjid.

Hal itu dilakukan demi meminimalisir penularan Virus Corona.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved