Tribunners / Citizen Journalism

Menyongsong Suksesi di Mahkamah Agung

Masyarakat menunggu kira-kira siapa yang akan menjadi suksesor Hatta Ali selanjutnya.

Menyongsong Suksesi di Mahkamah Agung
Istimewa
Hakim Agung Prof Dr Supandi SH MHum (tengah) berkalung bunga. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada 20 April 2020 nanti Prof Hatta Ali akan mengakhiri pengabdiannya sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia.

Masyarakat menunggu kira-kira siapa yang akan menjadi suksesor Hatta Ali selanjutnya.

Dari deretan hakim agung yang ada sekarang ini, banyak yang sangat senior dan mumpuni.

Namun siapa di antara mereka yang mempunyai track records (rekam jejak) yang bersih, tanpa cela dan lurus pada keadilan yang sesungguhnya?

Satu di antara puluhan hakim agung yang layak dan pantas serta menjadi harapan masyarakat sipil untuk menjadi penjaga benteng keadilan terakhir di negeri ini adalah Prof Dr H Supandi SH MHum.

Guru Besar Tata Usaha Negara dari Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, kelahiran Medan, 17 September 1952 ini danggap sudah teruji rekam jejaknya sebagai seorang pengadil yang berintegritas tinggi dan loyal pada tugas profesionalnya sebagai penjaga gawang keadilan bagi masyarakat.

Baca: KPK Minta Hakim Tolak Praperadilan Nurhadi Cs

Beberapa kali Hakim Agung Supandi sebagai Ketua Majelis Hakim MA berani memutuskan perkara yang besar dan berpihak kepada rakyat.

Salah satu yang paling fenomenal adalah keputusan pembatalan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada 27 Februari 2020 lalu.

Keberanian Supandi yang merupakan Ketua Kamar Tata Usaha Negara (TUN) MA ini sangat mengagetkan dan sekaligus disambut gembira oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa tokoh memberikan apresiasi atas keberanian Supandi dalam memutuskan perkara terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved