Breaking News:

Jokowi Ingatkan Menterinya Agar Berhati-hati Terhadap Penurunan Industri Manufaktur

Indeks manufaktur Indonesia berada di level 27,5, lebih rendah dibandingkan Korea Selatan 41,6, Malaysia 31,3 Vietnam 32,7, Filipina 31,6.

twitter.com/jokowi
Presiden Joko Widodo 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi Covid-19 telah menekan pertumbuhan ekonomi, baik itu dari sisi produksi maupun permintaan.

Sejumlah industri mengalami kontraksi (penurunan), salah satunya industri manufaktur.

Indeks manufaktur Indonesia berada di level 27,5, lebih rendah dibandingkan Korea Selatan 41,6, Malaysia 31,3 Vietnam 32,7, Filipina 31,6.

Baca: Jubir Kemenhub: Tidak Ada Perubahan Aturan, Pelarangan Mudik Tetap Berlaku

Baca: Menhub Budi Karya Izinkan Moda Transportasi Operasi Lagi, Yunarto Wijaya : Alumni Covid Lupa Sejarah

"Ini hati-hati mengenai indeks manufaktur Indonesia. agar juga dicarikan solusi dan jalan agar kontraksi ini bisa kita perbaiki," kata Presiden dalam Rapat, Rabu, (6/5/2020).

Presiden meminta para menteri di bidang ekonomi memperhatikan betul industri mana saja yang mengalami penurunan. Industri yang mengalami penurunan yang sangat dalam, harus segera diberikan stimulus.

"Dan bisa mulai merancang skenario pemulihan di setiap sektor dan subsektor," katanya.

Sehingga nantinya menurut Presiden, industri tersebut tidak ikut menekan pertumbuhan ekonomi karena berkontribusi negatif.

Misalnya Industri pangan yang di kuartal pertama minus 0,31 persen, angkutan udara minus 0,08 persen, minyak gas panas bumi 0,08, industri barang logam komputer minus 0,07, penyediaan akomodasi minus 0,03, industri mesin dan perlengkapan minus 0,03.

"Begitu juga dengan angka dari sisi demand, sisi permintaan. Angka inflasi pada april 2020 tercatat 0,08 persen, sangat rendah bila dibandingkan pada periode bulan ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved