Breaking News:

RUU HIP yang Jadi Kontroversi Belum Kunjung Ditarik Baleg DPR dari Daftar Prolegnas Prioritas 2020

Dari daftar yang sudah muncul, terbukti tidak ada RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang belakangan memicu kontroversi di masyarakat tersebut.

Arief/Man (dpr.go.id)
Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontroversi seputar Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) diperkirakan masih akan berlanjut. 

Ini karena ternyata Badan Legislasi (Baleg) DPR RI belum memasukkan RUU HIP ini dari daftar RUU yang akan mereka tarik dari daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020.

Dari daftar yang sudah muncul, terbukti tidak ada RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang belakangan memicu kontroversi di masyarakat tersebut.

Saat dikonfirmasi, Selasa (30/6/2020), Wakil Ketua Baleg DPR RI Willy Aditya mengatakan ada komisi mengusulkan pencabutan RUU yang sedang dibahas.

Namun ada juga RUU yang akan tetap dilanjutkan.

Berikut usulan masing-masing komisi:

Komisi I
Komisi I DPR mengajukan pencabutan RUU Keamanan dan Ketahanan Siber serta RUU Penyiaran. Mereka akan berfokus merampungkan RUU Perlindungan Data Pribadi tahun ini.

Komisi II
Komisi II mencabut RUU Pertanahan. Sebab substansi dalam RUU itu beririsan dengan beberapa pasal dalam RUU Cipta Kerja.

Baca: DPR Akan Terus Perketat Protokol Kesehatan

Komisi III
Komisi III DPR RI berencana mencabut RKUHP dan RUU Pemasyarakatan. Mereka akan membahas RUU Kejaksaan dan RUU Jabatan Hakim. Namun rencana itu akan dibahas terlebih dulu dengan pemerintah pada Kamis (2/7/2020).

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: fajri digit sholikhawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved