Breaking News:

Restorasi Ekosistem Gambut Berbasis Sains Interdisipliner

Haris Gunawan mengatakan para ilmuwan membuka diri untuk membuat terobosan sains bagi restorasi gambut.

KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKO
Ilustrasi lahan gambut 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya untuk merestorasi gambut terus dilakukan Badan Restorasi Gambut (BRG). 

Bersama dengan para peneliti, akademisi, dan masyarakat, serta pemerintah daerah, mengadakan diskusi ilmiah restorasi ekosistem gambut.

Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG, Haris Gunawan mengatakan para ilmuwan membuka diri untuk membuat terobosan sains bagi restorasi gambut.

Baca juga: Perlu Pemetaan Karakter Gambut Indonesia

"Kita harus mendengar para pihak yang mengolah gambut dan kita ingin pemanfaatan ekosistem gambut dapat memberikan kontribusi dalam konteks bersama, memulihkan tata kelola ekosistem gambut," ucap Haris.

Haris berharap para ahli bisa membuat terobosan pengembangan ekonomi hijau untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar areal gambut.

Hal serupa juga disuarakan oleh Direktur Pusat Inovasi, Teknologi, Komersialisasi, Manajemen Hutan dan Lahan, Universitas Lambung Mangkurat,  Prof Yudi Firmanul Arifin,  pemanfaatan gambut untuk pertanian perlu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ada beberapa komoditas pertanian yang cocok di lahan gambut tipis dengan fungsi budidaya.

"Potensi komoditas pertanian yang bagus, sudah dilakukan oleh sebagian masyarakat, seperti semangka, nanas, bilungka, dan petai. Selain itu ada beberapa jenis kayu, misalnya meranti rawa, gelam, dan gemor," ucap dia.

Tetapi, pembukaan lahan gambut dapat mempengaruhi jumlah spesies endemik lahan gambut dan meningkatkan potensi kebakaran apabila tidak dikelola dengan benar.

"Selain itu pembukaan lahan gambut juga akan mempengaruhi kendali hidrologis" kata Yudi.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved