Breaking News:

Polsek Ciracas Diserang

Berkas Perkara 67 Oknum TNI AD Tersangka Kasus Ciracas Segera Dilimpahkan ke Oditur Militer 

Dari 21 berkas tersebut, kata Dodik, sebanyak 14 di antaranya telah rampung dan dilimpahkan ke Oditur Militer II-07 Jakarta.

tangkap layar youtube
Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat Letjen Dodik Widjanarko. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berkas perkara 67 oknum TNI AD tersangka kasus perusakan dan penganiayaan di Ciracas Jakarta Timur beberapa waktu lalu akan dilimpahkan ke Oditur Militer II-07 Jakarta.

Komandan Pusat Polisi Militer TNI angkatan Darat Letjen Dodik Widjanarko mengatakan total berkas perkara dari 67 tersangka tersebut berjumlah 21 berkas berdasarkan tatanan keankuman (atasan yang berhak memberi hukuman) dan kepaperaan (perwira penyerah perkara).

Dari 21 berkas tersebut, kata Dodik, sebanyak 14 di antaranya telah rampung dan dilimpahkan ke Oditur Militer II-07 Jakarta.

Baca juga: Update Kasus Penyerangan Polsek Ciracas: Sudah 66 Oknum Anggota TNI Ditetapkan Tersangka

Sedangkan tujuh berkas sisanya, kata Dodik, diharapkan akan selesai dan diserahkan ke Oditur Militer II-07 Jakarta pada Kamis (19/11/2020) pekan depan.

"Diharapkan pada hari Kamis tanggal 19 November 2020 seluruh berkas perkara akan selesai dan akan dikirim ke Oditur Militer II-07 Jakarta dan juga dikirimkan kepada Papera," kata Dodik saat konferensi pers di Markas Puspomad pada Kamis (12/11/2020).

Dodik menjelaskan sebanyak 112 personel TNI AD telah diperiksa dalam perkara tersebut.

Selain itu sebanyak 111 orang saksi juga yang terdiri dari 52 persoonel TNI AD, tujuh personel TNI AL, dua personel Polri, dan 50 orang masyarakat.

Berdasarkan keterangan saksi dan alat bukti yang ada, kata Dodik, sebanyak 67 orang yang terdiri dari 25 satuan di jajaran TNI AD yang telah ditetapkan sebagai statusnya sebagai tersangka juga telah dilakukan penahanan.

"Meskipun berkas perkara sudah selesai, dan dikirim ke Oditur Militer II-07 Jakarta dengan jumlah tersangka yang telah ditetapkan sebanyak 67 orang namun penyidik akan tetap menindaklanjuti apabila nanti di dalam proses persidangan di peradilan militer ditemukan bukti, fakta, maupun tersangka baru maka akan diproses secara hukum," kata Dodik.

Baca juga: TNI Pastikan Tersangka Insiden Ciracas 2020 Tak Terkait Peristiwa Perusakan Polsek Ciracas 2018

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved