Breaking News:

Sebut Mer-C Tidak Memiliki Kewenangan Tes Covid-19, Mahfud MD Beri Penjelasan

Pihak Mer-C dinilai tertutup dimintai keterangan soal tes swab terhadap Habib Rizieq Shihab.

Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam webinar evaluasi 15 tahun pelaksanaan Pilkada: Capaian dan Tanggapan yang disiarakan kanal YouTube CSIS Indonesia, Rabu (14/10/2020). / capture video 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD mengatakan Mer-C tidak memiliki kewenangan untuk melakukan testing Covid-19.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam konferensi pers virtual usai rapat bersama perwakilan dari Satgas Covid-19,  Kepolisian, Kejaksaan, BIN, Kemenkes dan Kemenkumham, Minggu, (29/11/2020).

"Meskipun berdasarkan catatan Mer-C tidak mempunyai laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," kata Mahfud.

Baca juga: Terkait Penanganan Habib Rizieq, Mahfud MD: Pihak RS UMMI Bogor dan Mer-C akan Dimintai Keterangan

Uji usap atau tes swab terhadap Habib Rizieq Shihab menjadi masalah. Satgas Penanganan Covid-19 Bogor tidak dapat mengetahui hasil uji swab tersebut.

Pihak RS Ummi tempat Habib Rizieq Shihab dirawat tidak memberikan keterangan secara utuh.

Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab tiba di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umun, Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2/2017).
Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab tiba di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umun, Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2/2017). (KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)

Pihak rumah sakit mengaku kecolongan atau tidak tahu pelaksanaan tes swab Rizieq yang katanya dilakukan secara diam-diam oleh tim medis eksternal dari Mer-C

Terkait permasalahan tersebut, pemerintah kata Mahfud akan memanggil RS UMMi dan Mer-C. Mahfud meminta kedua institusi tersebut kooperatif untuk kesehatan dan keselamatan bersama.

Baca juga: Mengenai Habib Rizieq, Mahfud MD: Kalau Merasa Sehat, Tentu Tak Keberatan Penuhi Panggilan Aparat

Baca juga: Habib Rizieq Ogah Serahkan Hasil Tes Swab ke Satgas Covid-19, Mahfud Jelaskan Dalil Hukumnya

Pihak Mer-C tertutup dimintai keterangan soal uji swab terhadap Habib Rizieq Shihab. Saat dihubungi pihak Mer-C tidak merespon.

Dikutip dari laman resminya, Mer-C atau  Medical Emergency Rescue Committee adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela, dan mobilitas tinggi.

Organisasi ini dibentuk oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Indonesia yang berinisiatif melakukan tindakan medis untuk membantu korban konflik di Maluku, Indonesia Timur pada Agustus 1999.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved