Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Baru Dilantik Jadi Dubes AS di Washington DC, M Lutfi Kembali Diangkat Jadi Mendag

Sebelum menjadi Dubes RI untuk AS, M Lutfi juga diketahui pernah menjabat sebagai Dubes RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia.

Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Duta Besar RI untuk AS, Muhammad Lutfi dalam konferensi pers daring, Senin (2/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden  Joko Widodo mengumumkan 6 calon menteri barunya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/22/2020).

Salah satunya adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk Amerika Serikat (AS) yang berkedudukan di Washington D.C, Muhammad Lutfi yang akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag).

“Sekarang akan kita beri tugas untuk memimpin Kementerian Perdagangan (Kemendag),” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers virtual di Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Sandiaga Uno dan Risma Jadi Menteri, Pengamat: Karpet Merah Menuju Capres 2024

Diketahui M Lutfi baru beberapa bulan dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, tepatnya pada 14 September 2020 lalu bersama 19 Dubes LBBP lainnya.

Laki-laki kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1969 tersebut disebut Presiden Jokowi pernah menjabat sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sebelum menjadi Dubes RI untuk AS, M Lutfi juga diketahui pernah menjabat sebagai Dubes RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia.

Di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), M Lutfi juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan yang dilantik pada 14 Februari 2014, hingga masa pemerintahannya usai.

Presiden Jokowi menyebut pelantikan M lutfi beserta kelima calon menteri lainnya akan dilaksanakan keesokan harinya atau Rabu (23/12/2020). 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved