Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Yaqut: Kaget, dalam Mimpi Liar Saya Tidak Pernah Terbayang Jadi Menteri Agama

Satu diantara menteri yang dicopot adalah Fachrul Razi dari kursi Menteri Agama dan digantikan oleh Ketua GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

YouTube/ Sekretariat Presiden
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diperkenalan Presiden Jokowi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi mengganti sejumlah menterinya di Kabinet pemerintahannya bersama Wapres Maruf Amin dengan mencopot enam menteri dan memasang enam nama baru di jajaran kabinet.

Satu diantara menteri yang dicopot adalah Fachrul Razi dari kursi Menteri Agama dan digantikan oleh Ketua GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut sendiri kaget dengan amanah baru tersebut. "Kaget, dalam mimpi liar saya, tidak pernah terbayang untuk menjadi menteri agama," ujarnya di Istana Merdeka seperti ditayangkan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Ia akan menjalankan amanah tersebut dengan sebaiknya. "Saya sudah bertekad untuk mewakafkan seluruh hidup dan apa yang saya miliki untuk bangsa dan negara," tuturnya.

Baca juga: Muhammadiyah Berharap Gus Yaqut Mampu Menjadi Menteri bagi Semua Agama

Yaqut menyebutkan, tugasnya adalah bagaimana menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi.

Agama bukan untuk alat politik untuk menentang pemerintah atau merebut kekuasaan atau untuk tujuan lain.

"Biarkan agama menjadi isnpirasi dan biarkan agama itu membawa nilai-nilai kebaikan dan nilai kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Yang kedua, katanya, meningkatkan ukhuwah wathoniyah atau persaudaraan sesamaa warga bangsa.

"Mengapa ini penting karena kita tahu bahwa Indonesia ini merdeka, lepas dari kolonial itu karena perjuangan dari semua agama bukan hanya Islam, umat muslim, umat kristiani, hindu, budha, kong hu chu dan semua agama di Indonesia. Maka penting ukhuwah wathoniyah ini kita bangkitkan kembali agar tidak ada satu kelompok pun satu agama apapun yang mengklaim memiliki negara ini semua berhak memiliki negara ini."

Baca juga: Jokowi Tunjuk Gus Yaqut Jadi Menteri Agama, Ini Profil Singkatnya 

Kemudian yang ketiga ukhuwah basariah, persaudaraan atau persatuan sesama umat manusia.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved