Breaking News:

PKS Akan Usung Kadernya di Pilpres 2024, Bagaimana Peluangnya?

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengusung kadernya untuk maju pada pemilihan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Tribunnews/JEPRIMA
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengusung kadernya untuk maju pada pemilihan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojuddin Abbas menilai, rencana tersebut merupakan hal yang bagus bagi partai politik di tanah air.

Sebab, idealnya semua partai politik memang harus berani mengusung kader sendiri menjadi pemimpin, baik pada tingkatan daerah maupun nasional.

"Sejauh mana niat itu akan terlaksana? Sangat tergantung pada seberapa besar presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden) yang disepakati," kata Abbas saat dihubungi, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Abbas menyebut, jika presidential threshold ditetapkan 20 persen kursi parlemen seperti saat ini, maka PKS harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencapai syarat tersebut.

"Jika presidential thresholdnya di kisaran 5 persen atau bahkan 0 persen, maka PKS bisa tentukan sendiri (capresnya)," ucap Abbas.

Terkait kader PKS yang memiliki peluang untuk dimajukan pada Pilpres 2024, Abbas tidak menyebut secara jelas sosok yang pantas untuk dicalonkan.

"PKS punya banyak kader. Tergantung mana di antara mereka yang memiliki prospek dukungan paling baik," tutur Abbas.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyebut partainya akan mengusung kader internal untuk maju pada Pilpres 2024.

Halaman
1234
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved