Breaking News:

Gejolak di Partai Demokrat

Keluhan Daerah dengan AHY: Soal Iuran Hingga Ingin Punya Figur Pemimpin Matang

Forum pendiri dan senior Partai Demokrat menyampaikan alasan menginginkan perubahan di partai berlambang bintang Mercy kepemimpinan Agus Harimurti Yud

Ist
pendiri dan senior Partai Demokrat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Forum pendiri dan senior Partai Demokrat menyampaikan alasan menginginkan perubahan di partai berlambang bintang Mercy kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Alasan tersebut disampaikan mantan Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat, Ahmad Yahya menyikapi pernyataan AHY dengan menyebut ada pihak yang berencana mengambil alih paksa kepemimpinannya.

"Kami menerima aduan bahwa DPP meminta dan memungut iuran dari setiap fraksi di DPD dan fraksi di DPC, sehingga menjadi beban teman-teman di daerah,” kata Yahya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Menurutnya, hal tersebut tidak pernah terjadi saat kepemimpinan Ketua Umum Demokrat sebelumnya, baik era Subur Budi Santoso, almarhum Hadi Utomo dan Anas Urbaningrum.

Selain itu, kata Yahya, DPP Demokrat juga telah mencederai janjinya dalam pelaksanaan Pilkada baru-baru ini, dimana biaya operasional Pilkada 50 persen yang dijanjikan tidak dilaksanakan dan ini membuat mesin partai dalam mendukung pasangan calon tidak berjalan. 

Baca juga: Empat Faksi Ini Ingin Kepemimpinan Demokrat di Tangan Moeldoko

"Lalu, proses penentuan pasangan calon kepala daerah yang diusulkan oleh Demokrat dikepemimpinan sebelumnya diserahkan penuh kepada pengurus DPD dan DPC masing-masing. Namun, sekarang ini sepenuhnya ditarik ke DPP dan tidak memperhatikan usulan daerah," paparnya. 

Oleh sebab itu, Yahya mengatakan sebagian kader Demokrat menginginkan adanya perubahan yang lebih baik ke depan dan kembali menjadi partai besar.

Selain itu, kader ingin kesan negatif bahwa Demokrat ini sebagai partai ekslusif dan milik keluarga harus dihilangkan.

"Kader Demokrat di daerah berharap partai ini dapat dipimpin oleh figur yang sudah matang memiliki ekstra kemampuan kepemimpinan, pengalaman dan ketokohan yang dapat mengembalikan kejayaan Partai Demokrat seperti 2004,” ujarnya.

Diketahui, tokoh yang hadir dalam acara pernyataan pendiri dan senior Partai Demokrat menyikapi pernyataan AHY, di antaranya mantan Ketua DPD Demokrat Sulteng Ahmad Yahya, mantan wasekjen Demokrat Tri Yulianto. 

Kemudian, mantan wasekjen Demokrat Syofwatillah Mohzaib, mantan anggota DPR Anton Rifai, dan mantan pimpinan pengawas komisi Demokrat M. Darmizal. 
 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved