Breaking News:

Umrah Saat Pandemi

WNA dari 20 Negara Dilarang Masuk Arab, Bagaimana Nasib 589 Jemaah Umrah Indonesia yang Ada di Sana?

Arab Saudi melarang WNA dari 20 negara termasuk Indonesia masuk negaranya. Bagaimana nasib ratusan jemaah umrah Indonesia yang masih ada di sana?

https://www.instagram.com/mizzasriciblo/
Ilustrasi jemaah umrah asal Indonesia. Belum lama ini WNA dari 20 Negara Dilarang Masuk Arab, Bagaimana Nasib 589 Jemaah Umrah Indonesia yang Ada di Sana?(Instagram.com/mizzasriciblo) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan warga negara asing (WNA) dari 20 negara untuk masuk ke wilayahnya sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk dari Indonesia (RI) yang akan berlaku pada Rabu, 3 Februari 2021 ini.

Jelang pelarangan masuk WNA dari 20 negara tersebut, ternyata masih ada ratusan jamaah umrah asal Indonesia yang masih menjalankan ibadah di Saudi.

Hal tersebut disampaikan Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono saat dihubungi Tribunnews pada Rabu (3/2/2021).

“Sekarang ada 589 jamaah yang masih disini,” kata dia.

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar Dilarang Masuk Arab Saudi, Jemaah Umrah Tertunda Lagi

Baca juga: Mulai Malam Ini WNA Dari 20 Negara Dilarang Masuk Arab Saudi, Termasuk Indonesia

Konsul Jenderal RI mengatakan peraturan pelarangan masuk WNA dari 20 negara tersebut akan berlaku pada hari ini, Rabu (3/2/2021) tepatnya malam hari pukul 21.00 waktu setempat.

Namun pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut dari pemerintah setempat batas waktu kapan peraturan tersebut akan diberlakukan.

Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang dipadati jemaah umrah perdana selama pandemi Covid-19, Minggu (1/11/2020). Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang dipadati jemaah umrah perdana selama pandemi Covid-19, Minggu (1/11/2020).
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang dipadati jemaah umrah perdana selama pandemi Covid-19, Minggu (1/11/2020). WNA dari 20 Negara Dilarang Masuk Arab, Bagaimana Nasib 589 Jemaah Umrah Indonesia yang Ada di Sana? (TribunJakarta/Ega Alfreda)

Untuk membantu kepulangan jemaah umrah yang masih ada Saudi saat ini pihaknya akan melakukan kordinasi, baik dengan maskapai penerbangan maupun pemerintahan setempat dengan menggunakan izin khusus.

“Mereka (para jamaah umarh) akan selesaikan ibadahnya, sambil nanti kita atur dan kordinasikan dengan penerbangan untuk kepulangannya,” kata Eko Hartono menjelaskan.

“Ini biasanya pakai izin khusus sesuai permintaan kami nanti. Tentunya setelah kordinasi dengan airlines kita,” lanjutnya.

Baca juga: Margin Wierheem Mantap Dinikahi Ali Syakieb Usai Pulang dari Umrah

Baca juga: Sistem Penempatan PMI dengan Satu Kanal ke Arab Saudi Dinilai Bisa Cegah Pengiriman Ilegal

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved