Imlek 2021

Wujudkan Polri Presisi, Satlantas Poles Tulungagung Gunakan TMC Mobile Amankan Libur Imlek

Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan dan pemantauan arus lalu lintas libur Imlek 2021 menggunakan TMC Mobile.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Istimewa
Satlantas Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan dan pemantauan arus lalu lintas libur Imlek 2021 melalui TMC Mobile, Jumat (12/2/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan dan pemantauan arus lalu lintas libur Imlek 2021 menggunakan TMC Mobile.

TMC Mobile sengaja disiapkan Polres Tulungagung sebagai wujud implementasi pembenahan serta inovasi khususnya di bidang payanan publik dan teknologi informasi.

Hal tersebut sejalan dengan program Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan transformasi menuju Polri yang PRESISI atau Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadlian.

Baca juga: Libur Imlek, Korlantas Pastikan Tak Ada Lonjakan Signifikan Arus Kendaraan di Tol Cikampek

“Traffic Management Center yang sudah ada di tempat lain statis di Polda maupun Polda, berbeda dengan Polres Tulungagung membuat TMC ini bisa berpindah pindah karena bertempat di truk yang sudah dimodifikasi,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Handono dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/2/2021).

Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan pelayanan dari Satlantas Polres Tulungagung bisa berjalan dinamis menyesuaikan lokasi yang membutuhkan kehadiran TMC Mobile tersebut.

Baca juga: Korlantas Gelar Swab Antigen Gratis di Rest Area Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Imlek

Seperti dalam pengamanan yang dilakukan pada hari libur perayaan Imlek.

Polres Tulungagung amankan imlek
Satlantas Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan dan pemantauan arus lalu lintas libur Imlek 2021 melalui TMC Mobile, Jumat (12/2/2021)

“Polri memberikan rasa aman dalam pengamanan pemantauan arus lalu lintas sembari memberikan imbauan patuh protokol kesehatan serta membagikan masker gratis,” kata AKP Aristianto Budi Sutrisno.

Ia berharap dengan hadirnya TMC Mobile mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna jalan.

Ia pun mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa tertib berlalu lintas dan tertib dalam mematuhi protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilosasi dan interaksi.

Baca juga: Kemenhub Koordinasi dengan PUPR dan Korlantas Terkait Penanganan Amblasnya Ruas Jalan Tol Cipali

Menurut dia, dengan hadirnya TMC Mobile tersebut dapat mempermudah jajaran Polantas untuk mendeteksi bila ada kejadian kecelakaan lantas.

Selain itu, jajarannya juga dapat memanfaatkan aplikasi Public Safety Center (PSC) untuk mempercepat komunikasi dengan pihak rumah sakit bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Penanganan laka lantas yang ada di Polsek Jajaran, sehingga apabila ada kejadian laka, petugas Polsek dapat dengan cepat mendatangi TKP serta melaksanakan koordinasi dengan Rumah Sakit dengan memanfaatkan Aplikasi Public Safety Center (PSC ) untuk percepatan Informasi antar Instansi dan Ambulance," katanya.

"PSC ini juga sesuai dengan Program Prioritas Kapolri tentang perubahan Teknologi Kepolisian Modern Police 4.0, serta Aplikasi E-Turjawali dalam kegiatan Dinas Patroli Sehari-hari,” ujar AKP Aris.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved