Breaking News:

Presiden Jokowi : Adanya Bendungan, Banjir di Tapin Kalsel Dapat Berkurang Drastis

Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi yakin banjir di Kalimantan Selatan terutama wilayah Tapin akan berkurang signifikan.

YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, (18/2/2021). 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, (18/2/2021).

Presiden mengatakan dengan adanya bendungan tersebut, banjir di Provinsi Kalimantan Selatan terutama wilayah Tapin,  berkurang signifkan.

"Tadi  Pak Gubernur (Safrizal) juga menyampaikan bahwa karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi,  sangat drastis sekali, hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir. karena kabupaten Tapin memiliki bendungan ini," kata Presiden.

Baca juga: Kenakan Jaket Merah Jokowi Tinjau dan Resmikan Bendungan Tapin yang Habiskan Rp 986 Miliar

Selain mengurangi banjir, bendungan memiliki peran yang sangat penting untuk wilayah sekitar.

Bendungan  dapat memperkuat ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi untuk 5.472 hektar.

Selain itu bendungan juga dapat menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik, dan juga menghasilkan tenaga listrik melalui PLTA sebesar 3,3 megawatt.

"Inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, hasilkan listrik, selain air baku, juga dalam rangka pengendalian banjir," ujar Jokowi. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, (18/2/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, (18/2/2021). (Sekretariat Presiden)

Sementara Gubernur Kalsel, Safrizal mengatakan bahwa bendungan yang telah dioperasikan sebelum diresmikan Presiden tersebut telah memberikan manfaat yang sangat besar.

Bendungan telah berhasil menahan banjir untuk Kabupaten Tapin.

"Sehingga kab Tapin adalah satu di antara kabupaten yang paling kecil mendapat efek banjirnya," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved