Breaking News:

Gejolak di Partai Demokrat

Dukung KLB, KMD Usul Moeldoko Ketua Umum dan Ibas Sekjen Partai Demokrat

Dalam KLB nanti, KMD berencana mengusulkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas sebagai

Tribunnews.com, Chaerul Umam
Ketua Umum DPP Kader Muda Demokrat, Aswin Ali Nasution ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (25/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sayap organisasi Partai Demokrat, Kader Muda Demokrat (KMD) mendukung pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) partai berlambang mercy itu.

Dalam KLB nanti, KMD berencana mengusulkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas sebagai Sekjen Partai Demokrat.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP KMD Aswin Ali Nasution dalam jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

"Kami mengusulkan Pak Moeldoko sebagai Ketua Umum dan Pak Ibas sebagai Sekjen. Kami KMD meminta semua DPC dan DPD untuk hadir pada acara KLB untuk memilih ketua umum yang baru dengan niat baik untuk membesarkan Partai Demokrat," ujar Aswin.

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko memberikan keterangan pers di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (3/2/2021). Keterangan pers tersebut untuk menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono terkait tudingan kudeta AHY dari kepemimpinan Ketum Demokrat demi kepentingan Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko memberikan keterangan pers di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (3/2/2021). Keterangan pers tersebut untuk menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono terkait tudingan kudeta AHY dari kepemimpinan Ketum Demokrat demi kepentingan Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Aswin menjelaskan alasan KMD mengusulkan Moeldoko dan Ibas.

Dia menilai Moeldoko merupakan sosok yang lebih egaliter dan memiliki kepemimpinan yang kuat.

Meski elektabilitas mantan panglima TNI itu rendah, dia yakin setelah terselenggaranya KLB, eletabilitas Moeldoko akan naik.

"Kita anggap beliau lebih egaliter, lebih humanis, memiliki strong leadership, kepemimpinan yang kuat secara intelektualitas, kuat secara emosionalitas dan kuat secara spiritualitas," ujarnya.

"Hasil (survei) hari ini sebelum kita melakukan KLB, sebelum Partai Demokrat reborn dan melahirkan kepemimpinan dan kepengurusan baru ke depan," imbuhnya.

Sementara itu, Ibas dinilai merupakan kader Demokrat yang dihasilkan dari regenerasi internal partai.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Eddy Baskoro Yudhoyono atau Ibas saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).
Ketua Fraksi Partai Demokrat Eddy Baskoro Yudhoyono atau Ibas saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019). (Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com)

Kendati demikian, Aswin menyatakan bahwa kedua sosok tersebut baru sebatas usulan.

Baca juga: Kader Muda Demokrat Desak AHY Mundur dan Dukung Pelaksanaan KLB

Tak menutup ruang juga KMD mendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jika ingin maju ketum melalui KLB.

"Saya jelaskan memang ada beberapa calon yang diusulkan, beberapa calon yamg sudah kita komunikasikan langsung baru Pak Moeldoko yang lainnya belum dikomunikasikan. Mas AHY pun kalau mau ikut KLB kita siap untuk mencalonkan," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu mantan pimpinan pengawas komisi Demokrat M. Darmizal, mantan wasekjen Demokrat Tri Yulianto dan beberapa anggota KMD.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved