Breaking News:

Kepala Basarnas Tekankan Pentingnya Gerak Cepat Tim SAR Selamatkan Korban Bencana

Hal tersebut diungkapkan Henri dalam sambutan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas yang ke-49, Minggu (28/2/2021).

Istimewa
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meminta jajarannya untuk memberikan Quick Response Search and Rescue atau respon pencarian dan penyelamatan cepat.

Hal tersebut diungkapkan Henri dalam sambutan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas yang ke-49, Minggu (28/2/2021).

“Quick response akan berimplikasi pada golden hour. Semakin besar golden hour, maka keyakinan terhadap keselamatan hidup korban juga akan semakin besar. Itulah fokus utama operasi SAR, yaitu menyelamatkan jiwa atau hidup korban,” ungkap Henri melalui keterangan tertulis, Minggu (28/2/2021)

Quick response menjadi bagian dari response time, yaitu pergerakan tim SAR sesaat setelah menerima laporan atau melihat langsung kondisi kedaruratan sampai di lokasi kejadian.

Baca juga: Sabam Sirait Apresiasi Basarnas dan Gotong Royong Masyarakat

Response time Basarnas selama ini sudah sekitar 30 menit.

Response time tersebut meliputi pergerakan yang dimulai dari persiapan personil, peralatan, dan sarana prasarana, jarak tempuh atau jarak jangkau hingga sampai lokasi kejadian.

Kecepatan response time tersebut juga didukung penuh oleh Potensi SAR, khususnya Potensi SAR terdekat dengan lokasi kedaruratan sebagai tindak awal sebelum tim SAR tiba di lokasi kejadian.

Baca juga: Tim Rescue Basarnas Bandung ke Bekasi Bantu Pencarian Korban Jebolnya Tanggul Sungai Citarum

“Karena itu, komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder bidang SAR atau Potensi SAR harus lebih intensif lagi. Mereka adalah pilar utama keberhasilan pelaksanaan operasi SAR,” imbuhnya.

Kabasarnas yang baru dilantik tanggal 4 Februari 2021 tersebut juga memberikan arahan langsung kepada seluruh pegawai di lingkungan Basarnas.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved