Breaking News:

Gus Nur Ditangkap Polisi

Hakim Akan Hadirkan Menag dan Ketua PBNU Secara Virtual Jika Kembali Mangkir Dalam Persidangan

Hakim mengambil langkah untuk mengundang Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dan Said Aqil Siroj hadir dalam persidangan melalui virtual conference.

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Sidang lanjutan kasus ujaran kebencian atas terdakwa Gus Nur di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (2/3/2021) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Toto Ridarto selalu Hakim Ketua dalam sidang lanjutan terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur atas kasus ujaran kebencian kepada Nadhlatul Ulama (NU) telah menetapkan untuk menunda sidang hingga pekan depan.

Hal tersebut, dilakukan Toto karena dalam sidang beragendakan pemeriksaan saksi, Selasa (2/3/2021) siang, kedua saksi kembali tidak hadir.

Dua saksi yang tidak hadir tersebut eks Ketua Umum GP Ansor yang kini menjabat sebagai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang dalam sidang ini dijadwalkan diperiksa menjadi saksi.

Baca juga: Gus Nur dari Rutan Bareskrim: Saya Dizalimi, Tidak Ketemu Keluarga, Tidak Ketemu Matahari

Menanggapi hal tersebut, Toto akhirnya mengambil langkah untuk mengundang kedua saksi yang dimaksud untuk hadir dalam persidangan melalui virtual conference pada sidang selanjutnya.

"Demikian sidang berakhir lanjut lagi Selasa tanggal 9 Februari 2021, Tolong saksi maksimalkan ya, kalau memang sakit panggil dokternya, kalau tidak bisa dihadirkan, (diselenggarakan) online," katanya di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (2/3/2021).

Diketahui, sudah kali keempat Gus Yaqut dan Said Aqil tidak memenuhi panggilan persidangan.

Pertama pada Selasa 9 Februari 2021, lalu pada Selasa 16 Februari 2021, selanjutnya pada Selasa 23 Februari 2021 dan hari ini Selasa 2 Maret 2021.

Baca juga: Sering Cekcok Dengan Suami, Seorang Wanita di Batubara Bakar Rumah, 2 Rumah Tetangga Ikut Hangus

Kabar terakhir, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyampaikan kepada majelis hakim kalau Gus Yaqut tidak mengkonfirmasi kenapa dirinya tidak hadir.

Sedangkan Said Aqil mengaku sedang sakit, hal itu dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang diterima JPU setelah melayangkan surat panggilan pada 26 Februari silam.

Halaman
123
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved