Breaking News:

Intan Fauzi: Cinta Barang Kita, Benci Produk Luar Negeri?

Yang harus dilakukan saat ini adalah membangkitkan semangat seluruh elemen untuk berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Dewi Agustina
Ist
Anggota DPR RI, Hj. Intan Fauzi SH., LLM. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memproduksi dan membeli produk dalam negeri adalah salah satu upaya menyelamatkan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Khususnya produk para pelaku usaha di Indonesia dan banyak menggunakan komponen bahan baku dalam negeri.

Demikian dikemukakan Anggota DPR RI, Hj Intan Fauzi SH LLM, kepada pers di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

"Berbagai insentif dari pemerintah bagi para pelaku usaha yang banyak menggunakan komponen dalam negeri sangat bermanfaat, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah pada produk lokal, bukan semata mata menggaungkan benci produk luar negeri," ujar Intan Fauzi.

Di sisi lain, politisi PAN ini mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan ekspor dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga kampanye benci produk asing tidak akan efektif.

"Era pasar bebas saat ini memungkinkan semua negara bisa melakukan transaksi perdagangan tanpa adanya barrier (hambatan)," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Minta Kemendag Gaungkan Cinta Produk Lokal Benci Produk Luar Negeri

Baca juga: Pimpinan DPR Dukung Seruan Jokowi Cinta Produk Lokal dan Benci Produk Luar Negeri

Intan Fauzi mengatakan yang harus dilakukan saat ini adalah membangkitkan semangat seluruh elemen untuk berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional, dan membangun loyalitas konsumen terhadap produk tanah air.

"Pada akhirnya akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja yang lebih banyak, dan sebagainya," ujarnya.

Guna memenangi persaingan yang sangat ketat, Intan Fauzi mengatakan produsen Indonesia harus membuat produk yang berkualitas, harga kompetitif, sehingga konsumen memiliki pilihan dan makin mencintai produk dalam negeri.

"Bangga dan cinta terhadap produk lokal akan meningkatkan rasa Nasionalisme. Untuk itu, anak bangsa harus merebut pangsa pasar/jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai pangsa pasar yang besar ini dikuasai produk asing," katanya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved