Breaking News:

Kasus Djoko Tjandra

ICW Yakin Masih Ada Aktor Lain dalam Kasus Djoko Tjandra, Minta KPK Lakukan Penyelidikan Mendalam

ICW mencurigai masih terdapat aktor lain yang terlibat dalam kasus yang menjerat pengusaha ternama itu.

Editor: Dewi Agustina
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Terdakwa Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra (kiri) didampingi Kuasa Hukum, Krisna Murti (kanan) menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (22/12/2020). Djoko Tjandra divonis bersalah dan dikenai hukuman 2 tahun 6 bulan penjara. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) turut mengkritisi terkait tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa kasus hak tagih atau cassie Djoko Tjandra dihukum 4 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan.

Menurut Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, tuntutan yang diberikan JPU belum maksimal bahkan pada regulasi tindak pidana korupsi tuntutan yang diberikan tidak ideal.

"ICW beranggapan tuntutan Jaksa Penuntut Umum kepada Djoko S Tjandra masih belum maksimal dan cenderung menafikan peran sentral terdakwa dalam kejahatan yang ia lakukan," kata Kurnia ketika dikonfirmasi, Minggu (7/3/2021).

Tidak hanya itu, pihaknya juga mencurigai masih terdapat aktor lain yang terlibat dalam kasus yang menjerat pengusaha ternama itu.

"Sampai saat ini, ICW masih meyakini ada beberapa orang yang tergabung dalam klaster politik, penegak hukum, dan swasta yang belum dijerat oleh penegak hukum," ungkapnya.

Oleh karenanya, dia meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bisa melakukan penyelidikan lebih mendalam.

Hal itu dilakukan guna mengungkap semua peran dari para aktor yang diduga terlibat dalam perkara tersebut.

"Lalu, terkait pengembangan perkaranya, ICW mendesak agar KPK melakukan penyelidikan untuk mendalami peran pihak-pihak lain yang terlibat dalam perkara Djoko S Tjandra," ungkapnya.

Dia juga meminta Majelis Hakim untuk tidak sependapat dengan tuntutan jaksa saat memberikan keputusan hukuman nantinya.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved