Breaking News:

Virus Corona

Jerman, Perancis, dan Italia Hentikan Sementara Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Jerman, Italia, Perancis dan Spanyol bergabung dengan negara Eropa lainnya melakukan penghentian sementara penggunaan vaksin AstraZeneca.

JOEL SAGET / AFP
Ilustrasi vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford dan AstraZeneca. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Jerman, Italia, Perancis dan Spanyol bergabung dengan negara Eropa lainnya yang sebelumnya telah melakukan penghentian sementara penggunaan vaksin AstraZeneca pada program vaksinasi virus corona (Covid-19).

Langkah ini dilakukan karena terjadinya masalah pembekuan darah pada sejumlah warga Eropa yang menerima vaksin tersebut.

Namun tindakan yang diambil negara-negara tersebut tentunya memberikan 'pukulan tambahan' pada program vaksinasi yang dinilai lamban di benua itu.

Baca juga: Kemenkes Ungkap Alasan Tunda Distribusi Vaksin AstraZeneca

Selain itu, langkah penghentian sementara terhadap penggunaan vaksin AstraZeneca ini mengancam kredibilitas vaksin itu sendiri.

Dikutip dari laman The Wall Street Journal (WSJ), Selasa (16/3/2021), serangkaian peringatan penghentian sementara yang dimulai pada minggu lalu itu kemudian meningkat pada hari Senin kemarin.

Baca juga: Fakta Indonesia Tangguhkan Penggunaan Vaksin AstraZeneca: Tunggu Laporan WHO hingga Daftar Negara

Denmark menjadi negara pertama yang menghentikan penggunaan vaksin ini.

Sementara Irlandia, Norwegia, Belanda dan Islandia mengaku akan menunggu keputusan regulator obat-obatan di seluruh blok Eropa.

Kemenkes Ungkap Alasan Tunda Distribusi Vaksin AstraZeneca

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, langkah penundaan distribusi vaksin AstraZeneca dilakukan demi kehati-hatian pelaksanaan vaksinasi.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved