Breaking News:

Ibadah Haji 2021

Pimpinan DPR Desak Pemerintah Pastikan Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021

Azis Syamsuddin mendorong pemerintah mengintensifkan komunikasi denganArab Saudi, agar calon jamaah haji Indonesia dapat diberangkatkan tahun ini.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Wakil Ketua DPR RI - Azis Syamsuddin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendorong pemerintah untuk mengintensifkan komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi, agar calon jamaah haji Indonesia dapat diberangkatkan tahun ini.

Alasannya pada tahun lalu terjadi penundaan keberangkatan jemaah haji akibat pandemi Covid-19.

"Kemenlu (Kementerian Luar Negeri), Kemenag (Kementerian Agama) dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) harus dapat melakukan komunikasi dan kordinasi secara intens untuk dapat memastikan keberangakatan haji baik secara jumlah kuota dan persyaratan yang harus dipenuhi di situasi pandemi Covid-19 saat ini," kata Azis kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Komisi VIII DPR Minta Vaksinasi Calon Jemaah Haji Paling Lambat Mei 2021

Selain itu, Kemenkes dan Kemenag harus melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun 2021.

Hal itu guna mempermudah dalam melakukan pendataan dalam melakukan vaksinasi, meskipun direncanakan akan mengikuti skema vaksinasi nasional.

Baca juga: Biaya Haji Berpotensi Naik di Masa Pandemi Covid-19, Ini Penjelasan Menteri Agama

"Saya meminta Kemenkes dan Kemenag untuk dapat memiliki skema khusus, sehingga lebih mudah dalam memantau dan menjamin seluruh calon jemaah haji yang akan diberangkatkan sudah tervaksinasi secara keseluruhan, Meskipun Kemenkes menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk 173.160 calon jamaah haji Indonesia akan selesai pada Mei 2021," ucap Azis.

Kemenag Optimis Arab Saudi Buka Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) optimis, pemerintah Arab Saudi membuka penyelenggaraan ibadah Haji 1442H / 2021M meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu ditandai dengan beberapa hal yang telah dilakukan otoritas Arab Saudi, satu diantaranya terkait vaksinasi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved