Breaking News:

Mabes Polri Diserang Teroris

Sofyan Tsauri Bedah Alam Pikir Teroris Zakiah Aini, Doktrin Jihad Kuat Merasukinya

Zakiah Aini menerobos masuk komplek Mabes Polri, Rabu, 31 Maret 2021, mencoba menyerang petugas yang berjaga di pos menggunakan pistol.

Tribunnews/Herudin
Pasukan Brimob Polri melakukan penjagaan dan penyisiran usai penyerangan teroris di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021). Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Mantan aktivis kelompok teror, Sofyan Tsauri, meyakini Zakiah Aini, pelaku teror yang menerobos Mabes Polri, terinspirasi aksi bom bunuh diri di Makassar, 28 Maret 2021.

Sofyan Tsauri, Eks Napi Kasus Terorisme
Sofyan Tsauri, eks anggota Polri yang pernah terlibat kasus terorisme kini aktif berdakwah melawan radikalisme dan tindak terorisme.

Mantan anggota Polri yang pernah terlibat kasus penjualan senjata ke kelompok Dulmatin itu menganalisa pesan tertulis yang ditinggalkan Zakiah Aini.

Zakiah Aini menerobos masuk komplek Mabes Polri, Rabu 31 Maret 2021, mencoba menyerang petugas yang berjaga di pos dekat gedung utama menggunakan pistol.

Ia ditembak mati saat mengacungkan pistol yang digenggamnya ke segala arah. Zakiah meninggalkan pesan tertulis yang ditemukan di rumah keluarganya.

Dari pesan tertulis Zakiah yang dibacanya, Sofyan Tsauri juga menganalisis emosi pelaku ini cukup stabil dan konsisten.

“Aksi bom Makassar telah menginspirasi dia beramal, betapa indahnya beramal dengan orang yang dicintainya. Status gender tidak menghalangi dia berpartisipasi amaliat jihad,” tulis Sofyan Tsauri.  

Tribunnews.com, Jumat (2/4/2021) memperoleh izin mengutip dan mempublikasikan analisis Sofyan Tsauri yang diposting di akun Facebooknya.\

Baca juga: Sebelum Serang Mabes Polri, ZA Pamit di Grup WA Keluarga: Zakiah Keluar Sebentar

Baca juga: Ucapan Terakhir ZA Kepada Ibunya Sebelum Serang Mabes Polri: Ma, Zakiah Keluar Sebentar

Baca juga: TERBARU Zakiah Aini Serang Mabes Polri: Senjata Jenis Pistol Air Gun, Isi Map Kuning Didalami

Baca juga: Ayah ZA Yakin Ada Orang yang Mengajak Putrinya untuk Menyerang Mabes Polri

Baca juga: Perjalanan ZA Mulai Pamit Dari Rumah Hingga Serang Mabes Polri, Sembunyikan Senjata di Pinggang

“Tulisannya kurang rapi menandakan ketidakstabilan emosinya atau Zakiah terburu-buru? Nggak tuh, dia nulis konsisten. Dari awal memang begitu,” kata mantan anggota Polres Depok ini.

Sofyan Tsauri diringkus Densus 88 Antiteror sesudah jejaknya terendus terlibat pelatihan kelompok teroris di Aceh. Ia juga terlacak menjual senjata api dan peluru.

Terkait tulisan terakhir Zakiah, Sofyan Tsauri menyoroti gambar bangunan yang mengilustrasikan pemahaman Zakiah terkait doktrin agama dan jihad.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved