Breaking News:

Pilpres 2024

Tiga Faktor yang Mempengaruhi Pencalonan Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil Dalam Pilpres 2024

Sejumlah lembaga survei menempatkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil sebagai Calon Presiden Potensial 2024 mendatang.

Kolase Foto
Anies Baswedan, Ganjar Pranow, dan Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Sejumlah lembaga survei menempatkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil sebagai Calon Presiden Potensial 2024 mendatang.

Terkahir survei SMRC menempatkan Ganjar Pranowo sebagai Capres Potensial 2024.

Direktur Eksekutif Indonesia Publik Institut (IPI) Karyono Wibowo mengatakan bahwa keberhasilan para calon tersebut maju dalam Pilpres 2024 nanti akan dipengaruhi sejumlah faktor.

Pertama yakni kinerja masing masing tokoh di daerahnya masing-masing.

Keberhasilan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI, Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat, akan mempengaruhi keberhasilan mereka ikut dalam kontestasi Pilpres 2024.

Baca juga: Sikapi Keluhan Pengguna Transportasi Umum, Anies Baswedan Harap Segera Punya Desain Musala di Halte

"Kinerja masing masing, baik Ganjar maupun Anies, dan Ridwan Kamil, keberhasilan pembangunan di daerahnya masing masing turut mempengaruhi. Karena sosok sosok tersebut merupakan kepala daerah," kata Karyono kepada Tribunnews.com, Jumat, (2/4/2021).

Faktor kedua, yakni kemampuan figur atau para tokoh tersebut membuat terobosan yang diterima masyarakat luas.

Para tokoh tersebut harus mampu membuat karya monumental yang bisa diterima oleh seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya rakyat daerahnya saja.

"Figur figur tersebut harus membuat satu terobosan , satu karya yang monumental secara nasional, karena ini menyangkut Pilpres. Harus membangun persepsi publik untuk memimpin yang luas bukan sekedar di daerahnya saja," kata dia.

Baca juga: Survei SMRC: Pemilih Jokowi Banyak Beralih ke Ganjar Pranowo

Halaman
123
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved