Breaking News:

Tanggapi Survei SMRC, Demokrat: Pemilih AHY adalah Segmen Pemilih Cerdas

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan bahwa pemilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah segmen pemilih

Ist
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan bahwa pemilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah segmen pemilih cerdas yang kritis.

Hal itu disampaikannya merepons survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan pemilih yang paling banyak tak setuju adanya pelarangan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Front Pembela Islam (FPI) berasal dari pemilih AHY.

"Kami justru melihat data ini menyajikan informasi bahwa pemilih-pemilih Mas Ketum AHY adalah segmen pemilih cerdas yang memiliki kritisisme yang tinggi. Karena isue ini lebih ditempatkan pada konteks diskursus demokrasi," kata Kamhar saat dihubungi Tribunnews, Rabu (7/4/2021).

Kamhar juga mencermati data hasil survei tersebut terdapat variasi basis pemilih yang masih cair, termasuk saat dikaitkan dengan isu-isu seperti respon atas pembubaran HTI atau FPI.

Menurutnya, hal itu tidak bisa mengeneralisasi bahwa pemilih AHY adalah yang menolak pembubaran HTI dan FPI.

"Artinya tak bisa dijadikan sebagai dasar untuk mengidentifikasi dan menyematkan label bahwa pemilih AHY adalah yang menolak pembubaran HTI dan yang memilih Anies adalah yang menolak pembubaran FPI," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei sikap publik nasional terhadap Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Front Pembela Islam (FPI).

Salah satu yang dibahas adalah bagaimana sikap terhadap pelarangan HTI dan pembubaran FPI menurut massa pemilih calon presiden. 

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad mengatakan hasil survei menunjukkan pemilih yang paling banyak tak setuju adanya pelarangan HTI berasal dari pemilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Di posisi kedua setelah pemilih AHY, diikuti oleh pemilih Prabowo Subianto dan pemilih Anies Baswedan.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved