Breaking News:

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Penyuap Juliari Batubara Klaim Dijebak Para Broker Bansos Covid-19

Penyuap mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, menyinggung para broker yang tak kunjung terseret dalam kasus pengurusan bansos Covid-19.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Terdakwa kasus korupsi Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 yang juga mantan Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Tigapilar Argo Utama Ardian Iskandar Maddanatja selaku terdakwa penyuap mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, menyinggung para broker yang tak kunjung terseret dalam kasus pengurusan bansos Covid-19.

Broker bansos yang dimaksud Ardian adalah Nuzulia Hamzah Nasution, Helmi Rivai, dan Isro Budi Nauli Batubara.

Hal ini disampaikan Ardian dalam sidang kasus korupsi pengadaan bansos Covid-19 wilayah Jabodetabek tahun anggaran 2020, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Penyuap Juliari Ungkap Tiga Sosok yang Disebut Sebagai Broker Bansos

"Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan seluruh media di Indonesia bersepakat menamakan mereka dengan sebutan 'Broker Bansos'," kata Ardian membaca pleidoinya.

Ia menyatakan pihak yang sejak awal berkomunikasi dengan para pejabat Kemensos adalah para broker bansos tersebut.

Mereka disebut merencanakan hingga mendapat Surat Penunjukkan Penyedia Barang dan Jasa (SPPBJ) dan Surat Pesanan (SP) dari Kemensos.

Baca juga: Penyuap Juliari Akui Ditagih Fee Pengadaan Bansos Covid-19 Sejak April 2020

Semua proses itu kata Ardian, tanpa melibatkan dirinya.

"Broker Bansos lah otak yang merencanakan sampai dengan mendapatkan Surat Penunjukkan Penyedia Barang dan Jasa dan Surat Pesanan dari Kemensos RI, tanpa melibatkan saya sama sekali," katanya.

Ia mengaku seakan dijebak oleh para broker bansos lantaran SPPBJ dan SP yang telah terbit ternyata atas nama perusahaannya.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved