Breaking News:

Penembakan di Papua

KKB Diduga Tak Targetkan Kabinda Papua Saat Bentrok Dengan Aparat di Deoga

Pihaknya menduga KKB tidak mengetahui tembakannya itu menyasar Brigjen TNI I Gusti Putu yang juga menjabat Kabinda Papua.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hendra Gunawan
ISTIMEWA
Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Kabinda Papua yang ditembak KKB. Ini Kiprahnya semasa hidup. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua diduga tidak targetkan Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu.

Diketahui, KKB Papua terlibat bentrok dengan aparat di Distrik Beoga, Pucak, Papua. Dalam bentrokan itu, ternyata Brigjen I Gusti Putu juga terlibat dalam kontak senjata itu hingga terkena tembakan.

Menurut Rusdi, pihaknya menduga KKB tidak mengetahui tembakannya itu menyasar Brigjen TNI I Gusti Putu yang juga menjabat Kabinda Papua.

Baca juga: KKB Papua Diduga Sering Nyamar Jadi Warga Untuk Perdaya Aparat

"Medan disana, tentunya apabila musuh melihat musuh ya pasti akan dikenakan. Sama juga dengan Polri-TNI ketika ada sasaran pasti sasarannya kan dikenakan juga," kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/4/2021).

Lebih lanjut, Rusdi menyampaikan pihaknya telah mengantongi identitas kelompok KKB Papua yang membuat Brigjen TNI I Gusti Putu meninggal dunia tersebut.

"Itu sudah teridentifikasi kelompok yang main di wilayah Puncak itu, telah terindetifikasi kita tunggu perkembanganya saja," ungkap dia.

Baca juga: 5 Simpatisan KKB Wilayah Kepulauan Yapen Papua Serahkan Diri dan Janji Setia ke NKRI

Namun demikian, pihaknya masih enggan untuk membeberkan lebih lanjut identitas kelompok KKB Papua tersebut. Dia mengkhawatirkan akan mempengaruhi proses pengejaran pelaku.

"Nanti akan mempengaruhi proses itu. Tapi dari aparat keamanan telah dapat identifikasi kelompok yang melakukan aksinya selama ini di wilayah Kabupaten Puncak. Secara optimal, kita lakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pelaku," pungkasnya.

Baca juga: Sejumlah Simpatisan KKB di Papua Menyerahkan Diri ke Polres Kepulauan Yapen

Menyamar jadi warga

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved