Breaking News:

Penembakan di Papua

Sejumlah Simpatisan KKB di Papua Menyerahkan Diri ke Polres Kepulauan Yapen

Mereka menyerah dan sekaligus memberikan senjata api kepada aparat yang bertugas di Kantor Polres Kepulauan Yapen, Senin (26/4/2021).

Ist
Sejumlah simpatisan KKB/Simpatisan KKB/OPM Wilayah Angkaisera dan Yapen Tim menyerahkan diri ke NKRI. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA -  Sejumlah simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan OPM wilayah Angkaisera dan Yapen Timur menyerahkan diri bergabung ke NKRI.

Mereka menyerah dan sekaligus memberikan senjata api kepada aparat yang bertugas di Kantor Polres Kepulauan Yapen, Senin (26/4/2021).

Adapun simpatisan KKB yang menyerahkan diri itu adalah Paul Wondiwoi,  Yames Wondiwoi,  Eliezer Mansai,  Yusup Takayuta, dan Stevanus Woriasi.

Selain itu diserahkan juga empat pucuk senjata api rakitan dan 11 butir amunisi tajam Ss1.

Proses Penyerahan diri dihadiri oleh Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferddyan Indra Fahmi  didampingi oleh Wakapolres beserta KaSubbag Humas Polres Kepulauan Yapen.

"Kami berterima kasih kepada simpatisan KKB/OPM Wilayah Angkaisera dan Yapen Timur yang dengan rela hati menyerahkan diri ke NKRI serta menerima mereka sebagai bagian dari keluarga Polres Kepulauan Yapen dan mendukun kehidupan mereka yang baru untuk menjadi lebih baik lagi," ujar Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferddyan Indra Fahmi.

Baca juga: Polri Tidak Lakukan Penebalan Pengamanan di Beoga Pasca-gugurnya Kabinda Papua

Menurut dia, masih ada dua titik target operasi yang akan dikejar terus dengan cara pendekatan secara kamanusiaan.

"Kami siap menerima simpatisan KKB/OPM yang dengan etikat baik ingin menyerahkan diri kembali ke NKRI tanpa diproses sesuai hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Dijelaskan proses penyerahan diri terjadi pada pukul 14.55 WIT saat diberikan kesempatan kepada salah satu simpatisan KKB/OPM Wilayah Angkaisera dan Yapen Timur untuk berbicara.

Dimana dalam pembicaraannya dia menyatakan diri untuk kembali ke NKRI dan berjanji untuk kembali hidup normal selayaknya masyarakat pada umumnya dan berusaha untuk menjadi contoh yang baik kepada masyarakat.

"Di samping itu juga disampaikan kepada rekan-rekannya yang masi hbergabung bersama KKB/OPM agar dapat menyerahkan diri ke NKRI demi kehidupan keluarga yang lebih baik kedepan dan diberkati Tuhan," ujar Kapolres.

Dikatakan bahwa pukul 15.10 WIT prosesi penyerahan Senjata dan cium Bendera Merah Putih dilaksanakan.

"Pukul 15.30 WIT kegiatan telah selesai dilaksanakan. Dalam pelaksanaan, kegiatan dapat berjalan dalam keadaan aman baik dan terkendali," ujarnya. 

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved