Breaking News:

Revisi UU ITE

Pedoman Penerapan 4 Pasal Karet UU ITE Rampung Disusun

Pemerintah telah rampung menyusun pedoman penerapan terkait sejumlah pasal dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Tribuntimur.com
Ketua Tim Kajian UU ITE Sugeng Purnomo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sub Tim I Tim Kajian Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik Kemenko Polhukam telah merampungkan pedoman penerapan terkait sejumlah pasal dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)

Deputi III Kemenko Polhukam sekaligus Ketua Tim Kajian UU ITE Sugeng Purnomo mengatakan pedoman tersebut mengatur penerapan empat pasal dalam UU Nomor 11 Tahun 2008.

Empat pasal tersebut yakni pasal 27, 28, 29, dan 36.

"Pedoman yang kita susun terkait implementasi pasal-pasal Undang-Undang yang mengatur tentang ITE ini, pada prinsipnya ada empat pasal yang kita susun pedoman implementasinya. Pertama adalah pasal 27, di mana terdiri dari empat ayat. Kemudian pasal 28 terdiri dari dua ayat, pasal 29 serta pasal 36," kata Sugeng via daring pada Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Usman Hamid Sayangkan Sikap Pemerintah Batalkan Niat Revisi Pasal Karet dalam UU ITE

Sugeng mengatakan pasal-pasal tersebut disusun pedoman penerapannya agar Kementerian Kominfo, Polri, dan Kejaksaan memiliki pemahaman yang sama.

Setelah membuat pedoman penerapan, kata Sugeng, pihaknya juga telah menggelar rapat dengan Kementerian Kominfo, Polri, dan Kejaksaan terkait hal tersebut.

Sugeng mengatakan tiga kementerian/lembaga tersebut telah sepakat dengan substansi pedoman tersebut.

Baca juga: Kronologi Bos Karet di Pali Dirampok 6 OTK Bersenjata, Uang Rp 170 Juta Raib, Supir Tertembak

Pedoman penerapan tersebut, kata Sugeng, merupakan lampiran dari draf Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Kementerian Kominfo, Polri, dan Kejaksaan tentang pedoman penerapan UU ITE.

Ia mengatakan, saat ini draf dari SKB tersebut juga telah rampung dan disepakati tiga kementerian/lembaga tersebut, Kamis (20/5/2021).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved