Breaking News:

KSAL Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki Maluku untuk Dukung Pengamanan ALKI III

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Yudo.

Dispenal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki di Saumlaki Kepulauan Tanimbar Maluku pada Kamis (17/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III di Saumlaki Kepulauan Tanimbar Maluku pada Kamis (17/6/2021).

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Yudo.

Peresmian dermaga yang berbatasan langsung dengan ALKI III tersebut dilaksanakan Yudo di sela-sela kunjungan kerjanya ke wilayah timur Indonesia.

"Menurut KSAL, Lanal Saumlaki yang berbatasan dengan ALKI III memungkinkan terjadinya pelanggaran kedaulatan di wilayah tersebut, sehingga diperlukan sarana pertahanan yang memadai yang didukung oleh industri pertahanan sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertahanan dan keamanan dalam negeri," sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Kamis (17/6/2021).

Baca juga: KSAL Tinjau Kampung Bahari Nusantara di Merauke Papua

Pembangunan Dermaga dengan Panjang 141 meter ini merupakan Kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan PT Matra Naluri Muda dan PT Wahyu Agung yang dimulai sejak tanggal 17 Januari 2019 lalu. 

Fasilitas tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas KRI.

"Di antaranya fasilitas aliran listrik darat serta air tawar untuk mendukung endurance operasi dan mampu disandari KRI kelas frigate," kata keterangan tersebut.

Seusai peresmian Dermaga, Yudo beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke KRI Madidihang-855 yang dioperasikan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke.

Kedatangan Yudo beserta rombongan di Saumlaki disambut Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, Danlantamal IX Laksma TNI Eko Jokowiyono, Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizki Musa, serta pejabat terkait lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Yudo didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Asrena KSAL Laksda TNI Muhammad Ali, Aslog KSAL Laksda TNI Puguh Santoso, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, dan Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved