Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

'Ingat Menembak, Ingat Putu Danny'

Acara yang berlangsung Selasa (29/6/2021) siang, dipimpin langsung Danjen Kopassus, Mayjen TNI Mohamad Hasan.

istimewa
Lapangan tembak Kopassus mulai hari ini telah resmi bernama Lapangan Tembak IGP Danny Nugraha Karya. Acara yang berlangsung Selasa (29/6/2021) siang, dipimpin langsung Danjen Kopassus, Mayjen TNI Mohamad Hasan. 

Oleh: Egy Massadiah
Wartawan senior dan Ketua Yayasan Kita Jaga Alam

TRIBUNNERS - Letjen TNI (Purn) Doni Monardo merasa sangat terhormat, diundang peresmian Lapangan tembak di lingkungan markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cijantung, Jakarta Timur.

Acara yang berlangsung Selasa (29/6/2021) siang, dipimpin langsung Danjen Kopassus, Mayjen TNI Mohamad Hasan. 

Hari itu menjadi spesial, karena bersamaan dengan pengabadian Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha sebagai nama yang bakal terpatri abadi di fasilitas Lapangan Tembak Kopassus, Cijantung. Benar, lapangan tembak Kopassus mulai hari ini telah resmi bernama Lapangan Tembak IGP Danny Nugraha Karya.

Putu Danny adalah salah satu prajurit terbaik Kopassus. Terakhir, ia berpangkat Brigadir Jenderal TNI dan menjabat Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Daerah (Kabinda) Papua.

Ia gugur di sana setelah terlibat kontak tembak dengan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Begini Sepak Terjang Lekagak Telengen, Pernah Menembak Mati Kopassus Sampai Berniat Serang Freeport

Satgas BIN bersama Satgas TNI dan Polri saat itu tengah melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, rombongan dihadang KKB sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet.

Doni Monardo sangat terpukul mendengar berita tersebut. Pada tahun 2014-2015, saat Letjen Doni Monardo menjabat Danjen Kopassus, IG Putu Danny sebagai Asintel Kopassus. Tentu saja interaksi keduanya sangat intens.

Saat kabar duka datang, Doni Monardo yang ketika itu masih menjabat Kepala BNPB/Ketua Satgas Covid-19, spontan menghambur ke Markas Kopassus untuk memberi penghormatan terakhir kepada Mayjen TNI Anumerta Putu Danny di Balai Komando, Cijantung, hari Selasa tanggal 26 April 2021. “I Gusti Putu Danny adalah seorang prajurit sejati, pemberani dan berjiwa ksatria,” ujar Doni Monardo saat itu.

Dan hari ini, Selasa (29/6/2021) Doni Monardo kembali ke Cijantung, menghadiri acara pengabadian nama Putu Danny menjadi nama di lapangan tembak Kopassus.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved