Breaking News:

Virus Corona

Jokowi: Saya Cek di Lapangan Rumah 3X3 Meter Dihuni Empat Orang

Presiden  meminta Kepala Daerah mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Foto: BPMI Setpres
Presiden Jokowi melakukan blusukan ke rumah warga di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021) malam. 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para Kepala Daerah menyiapkan tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19

Terutama kata Presiden, di wilayah padat penduduk.

Tempat isolasi terpusat tersebut didirikan paling tidak  hingga tingkat kecamatan.

"Kalau bisa, ini sampai di tingkat kelurahan atau desa. Ini akan lebih baik. Kalau tidak, paling tidak ada isolasi di tingkat kecamatan. Terutama ini untuk kawasan-kawasan yang padat. Utamanya di kota-kota, Ini harus ada," kata Jokowi dalam pengarahan kepada Kepala Daerah se-Indonesia secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021).

Baca juga: 17 Juta Masyarakat Adat Tak Mengerti Akses Vaksinasi Covid-19

Pasalnya berdasarkan hasil tinjauannya di lapangan, Presiden menemukan adanya tempat isolasi mandiri yang tidak memadai.

Hal itu akan menyebabkan penularan Covid-19 menjadi masif.

"Karena cek lapangan yang saya lakukan untuk kawasan-kawasan padat, 3x3 (meter) dihuni oleh 4 orang. Saya kira ini kecepatan penularan sangat masif, kalau itu tidak disiapkan isolasi terpusat di kelurahan itu, atau paling tidak di kecamatan," katanya.

Kepala Negara juga meminta Kepala Daerah menyusun aturan secara rinci pendisiplinan protokol kesehatan di pasar, pabrik, mall, rumah ibadah, dan lainnya. 

Presiden  meminta Kepala Daerah mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Beberapa tindakan di lapangan. Saya yakin bapak ibu juga sudah sangat paham. Pertama, adalah tindakan lapangan untuk pencegahan. Disiplinkan masyarakat mengikuti prokes untuk memakai masker, jaga jarak dan tidak berkerumun," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved