Breaking News:

Bimbingan Belajar Online dengan Fitur Interaktif Bisa Atasi Learning Loss

Berdasarkan Economist, World Bank, persentase learning loss akan meningkat sebanyak 10 persen apabila keadaan ini dibiarkan terus menerus.

istimewa
Dr. Junus Simangunsong, Analis Kebijakan Ahli Muda Dit. SMA Kemendikbud-ristek. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu tahun lebih sudah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ), namun masih dijumpai tantangan pada proses pendidikan yang akhirnya bermuara pada masalah learning loss atau kehilangan pembelajaran.

The Education and Development Forum (2020) mengartikan bahwa learning loss adalah situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan yang terjadi

Berdasarkan Economist, World Bank, persentase learning loss akan meningkat sebanyak 10 persen apabila keadaan ini dibiarkan terus menerus.

Dr. Junus Simangunsong, Analis Kebijakan Ahli Muda Dit. SMA Kemendikbud-ristek, mengungkap sampai saat ini praktik PJJ masih menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan supaya siswa dapat terhindar dari learning loss.

“Untuk dapat memaksimalkan praktek PJJ yang efektif para siswa dapat memanfaatkan konten-konten belajar yang telah disediakan oleh pemerintah dari hasil kolaborasi dengan beberapa penyedia konten belajar,” ujar Junus dalam webinar, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Anak Jalani PJJ di Tahun Ajaran Baru, Ini yang Perlu Dilakukan Orang Tua Agar Belajarnya Efektif

Untuk mengupayakan optimalisasi proses pembelajaran jarak jauh, langkah strategis dan nyata dari berbagai pihak menjadi kebutuhan utama sehingga siswa dapat keluar dari ancaman learning loss.

Perusahaan teknologi pendidikan Quipper menyebutkan peran edtech tidak hanya terbatas sebagai penyedia tambahan materi ajar.

Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari, mengatakan pembelajaran interaktif dapat membantu siswa terus memaksimalkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif.

“Pada dasarnya tahun ini kami ingin dapat memberikan pengalaman belajar online yang lebih baik lagi untuk siswa agar dapat membantu proses belajar menjadi lebih optimal, baik ketika belajar dari rumah atau pada masa transisi kembali belajar tatap muka,” ucap Ayu.

Baca juga: Kerjasama Pendidikan Vokasi dengan Industri Dibutuhkan untuk Tekan Angka Pengangguran

Menurut dia, fitur tambahan yang interaktif dan efektif serta beberapa tawaran paket belajar yang lebih lengkap seperti Tanya Tutor dan Live Class bisa menjadi jawaban.

Quipper telah meluncurkan paket belajar yang lebih beragam dan menghadirkan fitur gratis Tanya Tutor dan Live Class di semua paket belajarnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pelajar SMP hingga SMA.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved