Breaking News:

Penyidik KPK Memeras

AKP Robin Minta Setoran Uang Korupsi di Bank Disamarkan Jadi Usaha Konfeksi

Riefka Amalia menyebut diminta eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin Pattuju untuk menyamarkan

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/9/2021). Sidang perdana tersebut beragendakan pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas perkara dugaan suap terkait pengurusan atau penanganan sejumlah kasus di KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saksi bernama Riefka Amalia menyebut diminta eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin Pattuju untuk menyamarkan penyetoran uang di bank menjadi usaha konfeksi.

Demikian terungkap dalam persidangan perkara dugaan penghentian kasus Wali Kota Tanjungbalai Tahun 2020-2021 di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/9/2021).

"Dalam BAP Saudara Robin menyampaikan bahwa untuk menghindari pertanyaan bank terkait dengan transfer, saya diminta untuk mengisi konfeksi dan setiap transfer dilakukan di Bank BCA yang berbeda', apakah benar?" cecar jaksa penuntut umum (JPU) KPK Heradian Salipi.

"Iya benar," timpal Riefka Amalia.

Riefka Amalia adalah saksi untuk AKP Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain.

Riefka dalam dakwaan disebut membuka rekening tabungan BCA atas permintaan dan demi kepentingan Robin di Kantor BCA Cabang Pembantu Pondok Gede atas nama Riefka Amalia.

Dalam kesaksiannya, Rizky yang merupakan teman wanita Robin disebut diminta mencarikan lokasi safe house oleh Robin.
Dalam kesaksiannya, Rizky yang merupakan teman wanita Robin disebut diminta mencarikan lokasi safe house oleh Robin. (Ist)

Kartu ATM lalu dipegang Robin sehingga dapat mengakses rekening tersebut, Riefka juga membuka layanan aplikasi m-banking agar dapat bertransaksi sesuai dengan permintaan Stepanus Robin.

Baca juga: Terungkap, Ini Lokasi Safe House yang Dicarikan Teman Wanita Eks Penyidik KPK Robin

"Saya dapat imbalan setelah diperintah, diberikan tunai Rp2 juta dan ditransfer ke rekening suami saya Rp77,5 juta, itu untuk kebutuhan saya," ujar Riefka.

Riefka mengaku mau membuka rekening karena diminta ibunya.

Ibunya diminta oleh kakak Riefka bernama Rizky Cinde Awaliyah yang merupakan teman dekat Robin.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved