Breaking News:

Komisi II DPR Masih Kaji Wacana Masa Kampanye Pemilu 2024 Dipersingkat 3 Bulan

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menjelaskan usulan masa kampanye Pemilu menjadi 2 hingga 3 bulan masih terus dikaji.

Tribunnews.com/Chaerul Umam
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menjelaskan usulan masa kampanye Pemilu menjadi 2 hingga 3 bulan masih terus dikaji.

"Terkait masa kampanye, kan kita berasumsi bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 besok itu kita berdoa, pandemi Covid-19 segera berakhir, tapi kan kalau berakhir 2022-2023, 2024 itu kan tahapan-tahapannya masih melalui suasana pandemi atau pasca pandemi, kita harus menjaga prokes dan seterusnya," kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Dia memahami usulan di Komisi II berkembang agar tahapan Pemilu tidak terlalu panjang dan diupayakan seefektif mungkin.

"Kampanye yang kita pahami selama ini kan kampanye yang melibatkan banyak orang, yang masif. Sekarang kita lagi mau kaji apakah memang dimungkinkan diturunkan lagi, toh juga selama ini yang disebut kampanye itu kan selama ini jg dilakukan sejak awal," katanya

Dia mengambil contoh bagaimana sejumlah partai politik sudah gencar memasang baliho hingga spanduk di mana-mana.

"Jadi kampanye dalam artian sosialisasikan partai, agenda-agendanya sudah dilakukan, dimungkinkan dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Itu kenapa kita coba melakukan kajian untuk menciutkan lagi, karena berkaitan dengan soal massa dan segala macam," kata Doli.

Sementara itu, untuk di Golkar sendiri, Doli menyebut juga masih dilakukan pendalaman soal usulan kampanye ini.

"Kalau dalam posisi Golkar sekarang kami sedang melakukan exercise berkaitan soal rumusan, desain, dan konsep penyelenggaraan Pemilu 2024," katanya.

Baca juga: Komisi II DPR RI akan Hitung Ulang Anggaran Pemilu 2024

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Junimart Girsang meminta, agar penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang diselenggarakan secara minimalis.

Halaman
123
Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved