Breaking News:

Azis Syamsuddin Tersangka

Formappi Nilai Posisi Pimpinan DPR Jadi Peluang Korupsi dan Terhindar dari Penegak Hukum

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, turut menanggapi kasus yang menimpa Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. KPK resmi menahan Azis Syamsuddin terkait kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, turut menanggapi kasus yang menimpa Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Azis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Lucius, fenomena pimpinan DPR yang terjerat kasus korupsi ini bukan merupakan hal baru.

Selain itu, pimpinan DPR yang korupsi ini bisa jadi telah terbiasa melakukan tindakan serupa sejak belum menjabat posisi pimpinan.

Baca juga: Golkar Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin Selasa Depan, Siapa Saja Calonnya, Ini Kata Pengamat

Lucius pun menilai jabatan pimpinan DPR justru menjadi posisi favorit bagi para politisi korup.

Pasalnya dengan jabatannya itu, mereka merasa mempunyai tameng yang kuat untuk menutupi tindakan korupsi dari penegak hukum.

Baik menutupi korupsi yang telah diperbuat sebelumnya atau menutupi korupsi yang akan diperbuat lagi setelah menjadi pimpinan DPR.

"Posisi menjadi pimpinan DPR justru semakin memberikan peluang untuk melanjutkan kebiasaan lamanya."

"Kekuasaan sebagai pimpinan DPR dianggap cukup kuat terhindar dari sentuhan aparat penegak hukum," kata Lucius dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Pengamat Sebut 7 Nama Berpeluang Jadi Pengganti Azis Syamsuddin, Siapa Saja Selain Meutya Hafid?

Pimpinan DPR Lainnya yang Jadi Tersangka KPK karena Korupsi

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved