Breaking News:

Sandiaga Uno Sebut Surakarta Miliki Potensi untuk Kewirausahaan di Sektor Parekraf

Sandiaga melihat sudah mulai ada usaha yang mengedepankan budaya Jawa di Kota Surakarta.

Editor: Hasanudin Aco
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Unomengatakan sejarah dan budaya Kota Surakarta dapat dijadikan modal dalam pengembangan gerakan kewirausahaan, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam peluncuran #KitaPeduli yang digelar di kediaman Paguyuban Ki Warseno Slenk, Surakarta, Jawa Tengah pada Sabtu (9/10/2021).

"Saya dan Mas Wali Kota ini satu visi untuk berdayakan industri Parekraf di Kota Surakarta. Kota ini adalah kota yang kaya dengan sejarah, budaya, dan kreatifitas," ujar Sandiaga dalam keterangannya.

Sandiaga mengajak pelbagai pihak untuk bergabung dalam #KitaPeduli, yakni gerakan sosial hasil kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Rumah Siap Kerja (RSK).

Baca juga: Sandiaga Sebut Kuliner, Fesyen, dan Kriya Bisa Jadi Andalan Buka Lapangan Kerja di Sektor Parekraf

Gerakan bersama hasil inisiasi rumahsiapkerja.com sebagai platform edutech online itu bertujuan untuk membantu pelaku usaha Parekraf yang terdampak pandemi, yaitu berdonasi melalui halaman https://kitapeduli.rumahsiapkerja.com/.

Hasil donasi akan digunakan untuk membeli paket kebutuhan pokok dan paket kesehatan yang akan didistribusikan kepada pelaku usaha parekraf.

Sandiaga melihat sudah mulai ada usaha yang mengedepankan budaya Jawa di Kota Surakarta.

Hal tersebut, kata dia, bisa dikembangkan lagi dengan lahirnya wirausaha baru yang dapat mengoptimalkan aset-aset budaya setempat, serta tenaga kerja yang berkualitas tinggi.

"Perlu adanya kegiatan-kegiatan pelatihan dan up skilling, misalnya seperti program yang diwadahi di Rumah Siap Kerja. Dengan begitu, seniman urip, ekonomi bangkit," tutur Sandiaga.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved