Breaking News:

ITS Raih Juara Terbanyak pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2021

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) keluar sebagai perguruan tinggi yang paling banyak berhasil menjadi juara pada ajang ini. 

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ILUSTRASI. KOMPETISI ROBOT - Tim Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menunjukkan kemampuan kapal tanpa awak disela pelepasan tim robot ITS untuk berlaga di RoboCup International 2018 Montreal Canada, di Kampus ITS, Selasa (5/6). Sebanyak tiga tim dari ITS Surabaya yakni tim Ichiro, tim Barunastra, dan tim Sapuangin diberangkatkan untuk berlaga pada ajang kompetisi robot itu. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puspresnas Kemendikbudristek menyelenggarakan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) keluar sebagai perguruan tinggi yang paling banyak berhasil menjadi juara pada ajang ini. 

“Selamat kepada para pemenang KKCBTN tahun ini. Bagi yang belum menjadi pemenang, kami yakin kalian adalah tetap para juaranya. Paling tidak juara yang sudah mengalahkan keengganan untuk mencoba, untuk berkarya dan untuk berinovasi. Terus buktikan diri bahwa adik-adik adalah pemenang," ujar Plt Kepala Pupresnas, Asep Sukmayadi melalui keterangan tertulis, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Minum Ciu Berujung Maut, Kakek di Klaten Bunuh Sahabat dengan Pedang, Lalu Serahkan Diri ke Polisi

Asep mengungkapkan kontes kapal cepat ini merupakan wadah pengembangan talenta bidang teknik dan desain perkapalan khususnya desain dan performa kapal cepat tak berawak. 

"Melalui kontes ini, pemerintah ingin terus menanamkan kesadaran pada generasi muda bahwa kita (Indonesia) adalah negara maritim terbesar di dunia,” ujar Asep.

Tahun ini kontes kapal cepat tak berawak tingkat nasional dilaksanakan secara hybrid.

Para finalis desain KKCTBN dilaksanakan secara daring dan finalis untuk kontes kapal dilaksanakan secara luring di Danau Sengkaling, UMM dengan diikuti oleh 55 tim yang berasal dari 12 perguruan tinggi unggul di Indonesia. 

Baca juga: Penantian 6 Bulan Hasil Autopsi Kematian Bocah 14 Tahun di Sidoarjo, Ini Penjelasan Polisi

Melalui tema ‘Inovasi Kemaritiman Melalui Teknologi Digital Untuk Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan Nasional’, KKCTBN tahun ini melombakan tiga kategori yaitu kategori desain, kategori poster, dan kategori performa. 

Ada pun sebagai juaranya, juara pertama kategori poster diraih oleh tim Nawasena dari ITS, juara kedua diraih oleh tim AMV dari Universitas Indonesia (UI), dan juara ketiga diraih oleh tim AEROships dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Untuk kategori desain, juara pertama desain Kapal Selam Autonomous diraih oleh tim Nawasena dari ITS, juara kedua diraih oleh tim Chanos dari UI, juara ketiga diraih oleh tim Banyubramanta dari ITS, juara harapan I diraih oleh DNA Osten dari ITS, dan juara harapan II diraih oleh tim Siganus dari Universitas Brawijaya (UB). 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved