Penanganan Covid

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai Hari Ini, Dilakukan Bertahap di Wilayah yang Penuhi Kriteria

Vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin jenis Sinovac akan dimulai dan dilakukan secara bertahap, Selasa (14/12/2021).

Sriwijaya Post/Syahrul Hidayat
Siswa MAN 3 Palembang memejamkan mata saat jarum suntik dari vaksinator ke lengannya, Kamis (9/9/2021). Dalam artikel mengulas tentang vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin jenis Sinovac yang akan dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM – Vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin jenis Sinovac akan dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021).

Jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan pemberian vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk pertama kalinya ini juga akan diresmikan oleh Presiden.

“Besok pemberian vaksinasi anak yang pertama kali akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan vaksinasi untuk anak yang sudah memperoleh izin dari BPOM adalah Sinovac,” tuturnya dalam konferensi pers, dikutip Tribunnews.com dari Maritim.go.id, Selasa.

Sama halnya pemberian vaksin Sinovac pada orang dewasa, vaksinasi yang disuntikkan untuk anak-anak akan diberikan sebanyak dua kali dalam rentang waktu 4 minggu.

Baca juga: Ganjar Pastikan Jateng Siap Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Besok

Rencananya, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dilakukan secara bertahap di sejumlah wilayah. 

“Yang boleh melakukan vaksinasi anak adalah kabupatan/kota yang telah melaksanakan vaksinasi pertama sebanyak 70 persen dan 60 persen untuk vaksinasi lansia,” ucap Menkes Budi.

Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Dalam artikel mengulas tentang vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin jenis Sinovac yang akan dimulai hari ini, Selasa (14/12/2021)(Tribunnews.com/Rina Ayu)

Menurutnya, saat ini sudah ada 150 Kabupaten/Kota di beberapa provinsi yang telah memenuhi kriteria tersebut.

“Kota dan kabupaten inilah yang akan memperoleh vaksinasi anak yang akan dimulai besok (14/12/2021),” tuturnya.

Adapun tahap pertama, vaksinasi akan dilaksanakan di Kabupaten/Kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

Daftar Provinsi yang yang Sudah Penuhi Target Untuk Lakukan Vaksin Covid-19 Anak 6-11 Tahun

Diberitakan Tribunnews.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menyampaikan syarat agar vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dilakukan di suatu wilayah.

Dikatakan, suatu daerah dapat memulai vaksin anak usia 6-11 tahun dengan ketentuan telah mencapai target dosis pertama sebanyak 70 persen dari total sasaran.

Lalu miniml 60 persen untuk orang lanjut usia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved