Bursa Capres

Tiga Kader Gerindra Dinilai Berpeluang Maju di Pilpres 2024 Selain Prabowo, Siapa Saja Mereka?

Sandiaga Uno memiliki kelebihan seperti tingkat elektabilitas yang tinggi karena pernah ikut maju sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Dewi Agustina
ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat audiensi dengan Santripreneur Indonesia di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, mengatakan banyak kader Partai Gerindra yang berpeluang maju ikut Pemilihan Presiden atau Wakil Presiden 2024.

Hal itu diutarakan oleh Emrus karena melihat isu-isu perpanjangan masa jabatan terus digaungkan.

"Kalau dilihat hasil survei memang Prabowo tinggi meskipun hasil survei hanya potret saja, tapi saya belum melihat (isu penundaan pemilu) ingin menghalangi majunya Prabowo, tapi nanti kita akan lihat pola komunikasi politik yang berkembang," kata Emrus kepada wartawan, Minggu (6/3/2022).

"Isu tersebut (penundaan pemilu) merupakan akal-akalan saja. Presiden Joko Widodo sudah tegas mengatakan harus patuh terhadap konstitusi," sambungnya.

Lebih lanjut Emrus menjelaskan ada tiga sosok yang berpeluang maju di Pilpres 2024.

Mereka adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal DPP Ahmad Muzani.

Baca juga: Gerindra Enggan Tanggapi Usulan Penundaan Pemilu 2024

"Prabowo tidak maju di Pilpres 2024 itu tidak mungkin, namun jika ada rencana cadangan ada ketiga kader yang dinilai layak," kata Emrus.

Emrus melanjutkan, Sandiaga Uno yang memiliki kelebihan seperti tingkat elektabilitas yang tinggi karena pernah ikut maju sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

"Sandiaga ini kader Gerindra yang paling dikenal oleh masyarakat karena pernah maju, lalu sekarang menjadi menteri dan juga memiliki sumber daya yang memadai," jelasnya.

Lalu, kata Emrus, kader Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga memiliki kelebihan jaringan politik dan pergaulan yang luas seperti dekat dengan aktivis pemuda dan mahasiswa.

Untuk itu, sosok Sufmi Dasco dapat diterima oleh masyarakat umum.

"Ini Dasco sebagai Ketua Harian DPP Partai Gerindra dan juga sebagai Wakil Ketua DPR RI memiliki kelebihan yang diterima oleh umum, karena jaringan politik dan pergaulan yang luas," ujarnya.

Emrus menambahkan, Ahmad Muzani juga memiliki kelebihan yang sama yakni sebagai Sekretaris Jendral DPP Partai Gerindra dan juga sebagai Wakil Ketua MPR RI.

"Kemampuan Ahmad Muzani juga dinilai layak apalagi banyak posisi stratergis yang dijabat juga dikenal dekat dengan para ulama," ujarnya.

Namun demikian, Emrus menegaskan peluang Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 masih sangat besar.

Sebab, Prabowo merupakan tokoh sentral di partai politik berlambang burung garuda itu.

"Rencana cadangan itu masih sangat cair, yang pasti Prabowo tetap akan maju sebagai calon Presiden," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved