Bursa Capres

Survei SMRC: Tren Elektabilitas Ganjar dan Anies Cenderung Menguat, Prabowo Melemah

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas bakal calon presiden jika pemilu digelar hari ini.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Kompas TV
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (Capres) jika pemilu digelar hari ini.

Dalam temuannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Namun untuk tren elektabilitas, Ganjar dan Anies cenderung menguat.

Sementara elektabilitas Prabowo melemah.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menjelaskan dalam format semi terbuka terdapat 43 nama dan Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 18,1 persen.

"Ini seimbang dengan Prabowo 17,6%. Kemudian ada Anies 14,4%, Ridwan Kamil 3,9%. Ada juga Ibu Megawati 3,5%, dan Ahok 3,0%," ujar Sirojudin dalam kanal Youtube SMRC TV, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Pengamat: Sederet Rekam Jejak Erick Thohir Jadikannya Capres Potensial

Elektabilitas Ganjar, dikatakan Sirojudin, mengalami kenaikan hingga 8,8 persen dibanding Maret 2021 sehingga meraih persentase 18,1 persen

"Pada periode yang sama, Anies Cenderung menguat dari 11,2% menjadi 14,4%, sementara Prabowo cenderung melemah dari 20% menjadi 17,6%," pungkas dia.

Sebagai informasi, survei SMRC ini dilakukan pada 1220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling dan menerapkan wawancara tatap muka yang dilakukan pada 13 hingga 20 Maret 2022.

Adapun jumlah response rate atau responden yang dapat diwawancarai secara valid yakni sebesar 1027 atau 84 persen dan dianalisis.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved