Paskah 2022

Gereja Katedral Jakarta Gelar Ibadat Jumat Agung, Suasana Berlangsung Secara Khidmat

Gereja Katedral Jakarta menggelar ibadat Jumat Agung sebagai rangkaian Hari Trisuci Paskah pada Jumat (15/4/2022).

Editor: Wahyu Aji
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Suasana Ibadat Jumat Agung sebagai rangkaian Hari Trisuci Paskah di dalam Gereja Katedral Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gereja Katedral Jakarta menggelar ibadat Jumat Agung sebagai rangkaian Hari Trisuci Paskah pada Jumat (15/4/2022).

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com di lokasi, ibadah dilangsungkan dengan diawali prosesi arak-arakan Romo memasuki ruang ibadat sekitar pukul 14.52 WIB.

Terpantau di dalam ruang ibadat, para jemaat yang sudah hadir langsung menempati tempat duduk yang sudah disediakan dan tidak lama prosesi ibadat dilangsungkan.

Adapun dalam ibadat ini, terlihat berlangsung secara khidmat saat prosesi khutbah dilangsungkan.

Dalam rangkaian peringatan Paskah tahun ini, Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema pekan suci 2022 'Semakin mengasihi, semakin peduli, semakin bersaksi'. 

Untuk rangkaian kegiatan Hari Trisuci Paskah diselenggarakan mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

Baca juga: Hari Suci Paskah, Polisi Sebut Belum Ada Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Gereja Katedral Jakarta

"Di tahun ini tema rangkaian dari Paskah dan Tri Hari Suci ini semua mengacu pada satu tema yaitu semua semakin mengasihi, semakin peduli, semakin beraksi, dimana ada judul penghormatan martabat manusia," kata Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie kepada awak media di Gereja Katedral, Jumat (15/4/2022).

Sebagai informasi, ibadat Jumat Agung ini dilakukan dalam dua sesi yakni pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB dengan metode hybrid yakni secara online dan offline.

Dalam metode offline, Susyana mengatakan, terdapat pembatasan kapasitas jumlah jemaat yakni hanya 75 persen dari kapasitas penuh atau 1.105 jemaat. 

"Sesuai PPKM level dua maka kapasitas bisa maksimal di 75 persen, yaitu untuk Katedral 1.105," tukas Susyana.

Suasana Ibadat Jumat Agung sebagai rangkaian Hari Trisuci Paskah di dalam Gereja Katedral Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2022).
Suasana Ibadat Jumat Agung sebagai rangkaian Hari Trisuci Paskah di dalam Gereja Katedral Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2022). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Di mana untuk di lokasi sendiri, dalam beribadah para jemaat terlihat duduk dengan dibatasi dua utas tali dengan jarak sekitar 50 cm serta menggunakan masker dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruang ibadah.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved