Idul Fitri 2022

CEK HASIL Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, Rencana Digelar Minggu 1 Mei, Berikut Linknya

Pemerintah Indonesia rencana akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 1443 H pada Minggu (1/5/2022).

blogunik.com
Ilustrasi lebaran. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Indonesia rencananya akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 1443 H pada Minggu, (1/5/2022).

Dikutip dari laman website kemenag.go.id  sidang penetapan penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah ini akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag).

Tahapan sidang isbat didahului proses pengamatan hilal dari 99 lokasi di seluruh Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menyatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Syawal 1443 H mendatang, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Jumat (29/4/2022) atau h-3 Lebaran.
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Jumat (29/4/2022) atau h-3 Lebaran. (Naufal Lanten)

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” jelas Kamaruddin.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Jalur Mudik Jalan Lintas Sumatera Jumat Subuh, Bus Tabrak Pickup, 4 Orang Tewas

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," imbuh Kamaruddin.

Pelaksanaan sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1443 H secara hybrid, yakni daring dan luring.

Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian akan mengikuti secara online melalui zoom meeting.

Nantinya Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat, dengan menggunakan metode hisab dan rukyat.

Foto udara sejumlah kendaraan memasuki Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (29/4/2022). Kendaraan arus mudik dari Pulau Jawa  memasuki Pulau Sumatra via Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-4 Lebaran terpantau ramai lancar. TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
Foto udara sejumlah kendaraan memasuki Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (29/4/2022). Kendaraan arus mudik dari Pulau Jawa memasuki Pulau Sumatra via Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-4 Lebaran terpantau ramai lancar. TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA (TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA)

Di mana posisi hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah yang selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh Indonesia.

"Rukyat digunakan sebagai konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan. Kedua hal yaitu hisab dan konfirmasi pelaksanaan rukyatul hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk selanjutnya diambil keputusan awal Syawal 1443 H," jelasnya.

Baca juga: Mudik Naik Kendaraan Pribadi? Cek Empat Berikut Ini Sebelum Berangkat

Kamaruddin menambahkan, hasil keputusan sidang isbat akan disampaikan dalam konferensi pers yang ditayangkan secara langsung oleh TVRI sebagai tv pool.

LINK

Berikut link live streaming hasil penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H:

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved