Breaking News:

Mudik Lebaran 2022

Kebijakan Pemerintah dan Polri Dalam Tangani Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022 Dinilai Berhasil

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengapresiasi keberhasilan pembangunan era pemerintahan Presiden Jokowi dan langkah strategis Kapolri

Editor: Wahyu Aji
Dokumentasi Polda Jateng
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 untuk memastikan kesiapan pelayanan mudik Lebaran 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengapresiasi keberhasilan pembangunan era pemerintahan Presiden Jokowi dan langkah strategis Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menangani arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022.

Berbagai kebijakan pemerintah dan Polri terkait arus mudik dan balik pada tahun ini dinilai PB HMI telah berhasil mengantisipasi potensi kemacetan parah yang sempat dikhawatirkan publik. 

Apresiasi tersebut juga disampaikan terutama kepada jajaran Polri yang menjadi ujung tombak bagi pelayanan arus mudik dan balik Lebaran tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bendahara Umum PB HMI, Abdul Robby Syahri pada Jumat (13/5/2022) di Sekretariat PB HMI, Jakarta. 

"Kami menyampaikan apresiasi yang setingggi-tingginya kepada Polri dan Pemerintah dalam staregi pengawalan mudik Lebaran 2022 atas keberhasilan tekait arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar," tuturnya. 

Robby juga menilai langkah Korps Bhayangkara dalam mengatur arus mudik dan arus balik mudik Lebaran 2022 sangat membanggakan. 

Hal ini dapat dilihat dari persiapan yang dilakukan oleh Polri terkait lonjakan pemudik yang meningkat dari tahun sebelumnya sehingga dapat diantisipasi dengan baik. 

"Terimakasih atas keberhasilan Polri yang sudah mengawal arus mudik dan balik tahun ini, sehingga lonjakan pemudik dapat diantisipasi dengan baik sesuai yang diharapkan oleh publik," ujar Robby. 

Selain itu, ia menambahkan, tantangan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2022 relatif lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Euforia masyarakat yang dua tahun terakhir dilarang mudik untuk kembali ke kampung halaman sangat tinggi. 

Bahkan dari awal pemerintah telah memprediksi puluhan juta jiwa di perantauan akan berlebaran di kampung halaman masing-masing.

Baca juga: Mudik Lancar dan Kondusif, GMKI: Pembangunan Infrastruktur dan Manajemen Mudik Berdampak Positif

Robby juga mencontohkan sebagian langkah Polri misalnya dengan skema rekayasa lalu lintas sangat berhasil dalam mengurai kemacetan dan kepadatan, serta kebijakan ganjil genap, lawan arus (contraflow) dan One Way (satu arah) yang membuat kepadatan dapat diantisipasi dengan presisi. 

Menurutnya, kondisi ini telah diantisipasi dengan baik oleh Polri dibawah kepemimpinan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai pemangku kepentingan terkait. Berbagai strategi pun dilakukan Polri, hingga kekhawatiran masyarakat terkait akan adanya deadlock lalu lintas pun tidak terjadi.

"Ini merupakan capaian kerja keras seluruh anggota Polri yang menjadi tambahan catatan positif bagi pelayanan Polri terhadap masyarakat, kita terus berharap capaian-capaian tersebut dapat membuat Polri makin dicintai masyarakat," kata Robby. 

Di sisi lain, HMI dikatakan oleh Robby menilai suksesnya arus mudik tahun 2022 ini juga karena dukungan dari ketersediaan infrastruktur yang memadai berkat Presiden Jokowi yang telah mempersiapkan infrastruktur transportasi yang sangat baik, sehingga  memberikan efek luar biasa bagi masyarakat luas.

"Harus diakui oleh semua pihak bahwa kelancaran mudik tahun ini merupakan buah secara langsung dari dukungan infrastruktur transportasi yang selama ini dikejar oleh Pak Jokowi," tutur Robby.

Baca juga: Arus Mudik dan Arus Balik Idul Fitri 2022 Dinilai Berjalan Lancar, Berikut Indikatornya

Ia juga menambahkan, infrastruktur transportasi tersebut telah dirasakan dampaknya secara langsung oleh masyarakat. 

"Masyarakat merasakan kemudahan dan kelancaran dalam malaksanakan perjalanan dengan pembangunan infrastruktur yang masif, membuat arus mudik dan balik lebaran tahun ini lancar," ucapnya. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved