Bursa Capres

Natalius Pigai Bongkar Peran Anies Baswedan di Nasdem, Ganjar dan Andika Perkasa Cuma Ban Serep?

Natalius Pigai bongkar alasan Anies Baswedan adalah sosok yang akan didukung Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menjadi calon Presiden.

Editor: Wahyu Aji
Kolase Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktivis HAM Natalius Pigai menyebut bahwa Anies Baswedan adalah sosok yang akan didukung Partai NasDem maju menjadi calon presiden tahun 2024.

Anies Baswedan paling banyak diusulkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) partai besutan Surya Paloh itu.

Anies Baswedan dipilih oleh 32 dari total 34 DPW NasDem.

Tercatat hanya Kalimantan Timur dan Papua Barat yang tidak mengusulkan nama Anies Baswedan.

Alih-alih mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai sosok yang akan diusung NasDem, Surya Paloh justru mengumumkan tiga kandidat Capres 2024.

Anies pun harus bersaing dengan dua nama lain, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Menurut Pigai, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh adalah sosok politikus yang hebat.

"Target utama Nasdem adalah mendongkak suara lantaran Capres untuk masuk 3 besar di parlemen maka jika pilih Ganjar Pranowo basis suaranya di PDIP jadi tidak mungkin mereka beralih ke Nasdem, apabila Andika maka Nasdem tidak banyak dapat suara, dan Anies pendukungnya banyak dan beliau juga tidak punya Partai jadi Nasdem ini tunjuk Anies untuk Vote Getter NasDem," kata Pigai lewat keterangan yang diterima Tribun, Minggu (19/6/2022).

Menurutnya, keputusan Surya Paloh memilih Anies adalah langkah realistis.

Tujuan lain adalah ingin menjaring suara besar untuk NasDem di Pileg 2024.

Pigai juga mengungkap bahwa ternyata Anies Baswedan yang memberi nama ormas Nasional Demokrat dan merancang logonya.

"Satu hal yang orang tidak tahu adalah pemberian Nama Nasional Demokrat (Nasdem) dan lambang Partai itu dirancang oleh Anies Baswedan. Dan yang paling penting adalah Surya Paloh, Jusuf Kalah memiliki Pasion Politik yang sama atau mirip Pak Anies adalah junior dan kadernya Jusuf Kalla. Itulah alasan yang mendasari Pak Surya Paloh akan Pilih Anies Baswedan," ujarnya.

Respon Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan manyampaikan rasa hormatnya kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved