Kemendikbudristek Minta Orang Tua Ajak Anak Bijak Gunakan Media Sosial

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih menilai pembentukan karakter anak-anak dapat dibangun melalui platform digital.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih pada Peresmian Ruang Transformasi Pembelajaran Inovatif HP di SDN Baru 01 Pagi, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih menilai pembentukan karakter anak-anak dapat dibangun melalui platform digital.

Peran orang tua, menurut Sri, sangat penting dalam pembentukan karakter anak-anak.

"Mari orang tua dampingi anak-anak kita untuk beradaptasi dengan teknologi, namun demikian anak-anak kita perlu diedukasi agar menjadi anak yang berkarakter. Karakter harus dimulai dari rumah," ujar Sri dalam sambutannya pada Peresmian Ruang Transformasi Pembelajaran Inovatif HP di SDN Baru 01 Pagi, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2022).

Sri mengajak orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya cara menggunakan media sosial dengan baik.

Orang tua, kata Sri, harus memiliki kompetensi dalam menggunakan media sosial yang positif. Sehingga dapat berdampak positif pula kepada anak-anak.

"Ayo ajak anak-anak kita bijak bermedia sosial. Mari kita manfaatkan ponsel pintar tidak hanya sekadar untuk selfie, update instagram, tapi kita gunakan untuk berselancar dalam meningkatkan kapasitas kompetensi sebagai orangtua, sebagai pendidik, mendorong anak anak kita mempersiapkan mereka dalam berbagai aspek," jelas Sri.

Selain itu, Sri meminta orang tua untuk membekali anak-anaknya dengan kemampuan literasi.

Melalui literasi, Sri menilai anak-anak akan memiliki kemampuan beradaptasi.

Baca juga: Diperlukan Platform yang Bisa Amankan Aset Digital, Data Pelanggan dan Sederhanakan Operasional

"Membekali dengan berbagai literasi. Literasi menyiapkan mereka menjadi anak anak yang mampu mengenali keadaan, lingkungan. Sehingga mampu beradaptasi," pungkas Sri.

Kemampuan beradaptasi, menurut Sri, yang membuat masyarakat dapat menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved