Polisi Tembak Polisi

Bharada E dan Ajudan Ferdy Sambo yang Lain Diperiksa di Komnas HAM, Ini Fakta yang Dibeberkan

Komnas HAM telah memeriksa Bharada E dan ajudan dari Ferdy Sambo yang lain pada Selasa (26/7/2022). Berikut fakta-fakta yang dibeberkan oleh mereka.

Editor: Miftah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E usai dimintai keterangan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak Bharada E dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo. Komnas HAM telah memeriksa Bharada E dan ajudan dari Ferdy Sambo yang lain pada Selasa (26/7/2022). Berikut fakta-fakta yang dibeberkan oleh mereka. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Komnas HAM telah memeriksa para ajudan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Selasa (26/7/2022).

Pemeriksaan ini juga dilakukan kepada terduga penembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dikutip dari Tribun Jakarta, pemeriksaan oleh Komnas HAM dilakukan sejak siang hingga pukul 18.20 WIB malam.

Pada saat kedatangan, Bharada E tiba di Komnas HAM sekira pukul 13.20 WIB.

Sementara terkait pemeriksaan, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan pemeriksaan dilakukan secara terpisah.

"Kami memeriksanya tidak di tempat yang sama, tapi terpisah," ujar Anam.

Baca juga: 6 Poin Penting Pemeriksaan 6 Ajudan Irjen Ferdy Sambo oleh Komnas HAM, Bharada E Jadi Sorotan

Dalam pemeriksaan, Anam mengungkapkan salah satu yang ditanyakan kepada ajudan Irjen Ferdy Sambo termasuk Bharada E yakni posisi mereka saat hari kejadian.

"Bahkan kami suruh meminta menggambar posisinya," ujarnya.

Selain itu, Anam menjelaskan pihaknya juga menanyakan informasi ajudan Irjen Ferdy Sambo saat perjalanan ke Magelang.

"Kami juga menggali sebelum hari H. Kami tanya semua apa yang terjadi bahkan kondisinya seperti apa," kata Anam.

Tertawa-tawa Sebelum Hari H Kejadian

Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E usai dimintai keterangan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak Bharada E dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E usai dimintai keterangan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak Bharada E dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Anam mengatakan para ajudan Irjen Ferdy Sambo dalam kondisi biasa saja sebelum hari H kejadian.

"Kami tanya saja apa yang terjadi bahkan kondisinya seperti apa. Misalnya ini kondisinya ada bercanda-canda tertawa atau tegang, mereka bilang tertawa-tertawa," ujar Anam.

Baca juga: Komnas HAM Periksa Bharada E Selama 5 Jam Terkait Kasus Kematian Brigadir J, Hal Ini yang Ditanyakan

Anam menambahkan pihaknya juga menanyai terkait kepribadian dari tiap ajudan Irjen Ferdy Sambo kepada rekan-rekan mereka.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved