Effendi Simbolon dan TNI

Viral Video KSAD Sebut Effendi Simbolon Orang Tak Berpengaruh Buntut TNI Disebut Gerombolan

Pada video itu, Jendral Dudung juga menyebut perwira tinggi tidak mengambil tindakan atas pernyataan Effendi Simbolon tersebut.

Editor: Miftah
Kolase Tribunnews
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Effendi Simbolon (kiri) dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman (kanan). Pada video itu, Jendral Dudung juga menyebut perwira tinggi tidak mengambil tindakan atas pernyataan Effendi Simbolon tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon adalah orang tidak berpengaruh dan bukan siapa-siapa.

Pernyataan itu sempat terekam dalam video berdurasi 2 menit 45 detik yang diunggah di akun TikTok Warta Kota pada Rabu (14/9/2022).

Kekesalan Dudung Abdurachman tersebut terekam saat dirinya melakukan teleconference didampingi oleh Wakil KSAD, Letnan Jenderal Agus Subiyanto.

"Jangan kita diam saja, dia (Effendi) itu siapa, enggak berpengaruh," katanya dalam video tersebut.

"Karena saya tahu juga dia dapet angin masalahnya sehingga kita duduk semua, diam," imbuh Dudung.

Dudung pun menegaskan orang seperti Effendi Simbolon tidak akan ada lagi dan dia juga telah mempelajari cara berbicara di depan media.

Lebih lanjut, Dudung menyebut menyayangkan perwira tinggi TNI AD justru diam atas pernyataan Effendi Simbolon sedangkan bintara malah yang marah.

"Prajurit kita ini di grup Tamtama saja sudah panas, kelompok Bintara sudah marah. Kita kelompok perwira santai-santai saja, gak ada yang bergerak sedikit pun."

"Apakah takut jabatannya dilepas atau bagaimana? Jangan terbiasa seperti itu saya minta," tegasnya.

Baca juga: Effendi Simbolon Belum Berhasil Hubungi KSAD Soal Ucapan TNI seperti Gerombolan

Kemudian Dudung pun meminta agar jajaran TNI AD tidak merasa takut atas pernyataan Effendi Simbolon itu dan bergerak menentangnya.

Dudung menegaskan akan bertanggung jawab jika jajaran TNI AD ada yang dicopot dari jabatannya atas penentangan terhadap pernyataan Effendi Simbolon.

"Silahkan kalian bergerak, berdayakan FKPPI dan segalam macam untuk tidak menerima penyampaian Effendi Simbolon, masif, lakukan."

"Nggak usah ada yang takut ya. Nggak usah takut kalian dicopot. Saya tanggung jawab," ujarnya.

Effendi Simbolon Minta Maaf

Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto (kiri) bersama Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP Effendi Simbolon saat konferensi pers di Ruang Fraksi PDIP, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).
Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto (kiri) bersama Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP Effendi Simbolon saat konferensi pers di Ruang Fraksi PDIP, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022). (Tribunnews.com/Naufal Lanten)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved