Lebih Aman untuk Kesehatan, Galon Air Minum Berbahan PET Diminati Warga Manado

Galon Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berwarna biru lebih cerah mulai banyak ditemui di toko-toko dan retail di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Penulis: Anniza Kemala
Editor: Bardjan
Istimewa
Galon air isi ulang berbahan polikarbonat, warna biru lebih gelap (kiri); galon air berbahan PET, warna biru lebih cerah (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM - Galon Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berwarna biru lebih cerah mulai banyak ditemui di toko-toko dan retail di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Jenis galon ini berasal dari produsen AMDK market leader yang mulai melakukan peralihan ke kemasan Polietilena Tereftalat (PET), di mana Manado dan Bali menjadi daerah percontohan untuk peluncuran galon berwarna biru lebih cerah tersebut.

Bahan PET yang terkandung dalam galon berwarna biru lebih cerah dari kemasan lama tersebut menjadi pilihan untuk jenis galon AMDK baru. Material ini telah dinyatakan secara internasional sebagai kemasan paling aman dan sangat mudah didaur ulang.

Keberadaan galon berwarna biru lebih cerah dari yang lama tersebut ternyata cukup berhasil menarik minat warga, membuatnya banyak diburu oleh masyarakat sekitar Manado.

Dian, seorang Karyawan Retail di Mapanget menyebutkan bahwa galon AMDK biru cerah ini memiliki harga yang sama dengan kemasan lama.

"Harganya sama Rp20 ribu, tapi yang biru cerah cepat habis, makanya kelihatan sedikit," katanya, Selasa (6/9/2022).

Yang menarik, meski ditawarkan dalam harga yang sama dengan jenis galon AMDK biasa yang berbahan plastik polikarbonat, ternyata galon berwarna biru cerah, berbahan plastik PET, memiliki perbedaan dalam hal kesehatan.

Menurut Dian, para pembeli pun mendapati bahwa jenis galon AMDK berwarna biru cerah ini berasal dari pihak distributor yang sama dengan jenis galon AMDK lama. Namun, ia tak mengetahui apakah para pembeli mengetahui soal perbedaan dari kedua galon tersebut.

"Saya tak tahu alasan banyak pembelinya, tetapi paling cepat habis yang gelon biru cerah itu. Karena mungkin mereka melihat lebih jernih airnya, padahal sama harganya ," tuturnya.

Dorong konsumen beralih ke yang lebih sehat

galon pet biru cerah
Galon PET berwarna biru cerah yang dijual di Manado. (Istimewa)

Salah satu Warga Manado yang mengaku telah beralih dari galon lama ke galon AMDK berwarna biru cerah adalah Indi. Dirinya beralih ke jenis galon tersebut setelah membaca sebuah artikel kesehatan.

"Setelah baca di artikel, ternyata galon berwarna biru cerah baik untuk kesehatan,” ujarnya.

Warga Manado lain yang bernama Greiny mengungkapkan bahwa ia lebih menyukai galon biru cerah karena terlihat lebih jernih dan sehat jika dilihat secara kasat mata.

"Saya memilih yang biru cerah, karena dari luar terlihat jernih dan sehat. Jadi untuk saat ini kalau saya  mau beli air galon pasti akan membeli galon yang lebih cerah itu,” jelasnya

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved