KTT G20 Bali

LIVE STREAMING Pembukaan KTT G20 Bali, 14 Pemimpin Negara Hadir, Presiden Jokowi Akan Beri Sambutan

Presiden Joko Widodo akan menyampaikan sambutan dalam pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/2022) pagi.

Editor: Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan menyampaikan sambutan dalam pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/2022) pagi.

Sebanyak 14 dari 17 pemimpin negara G20 yang terkonfirmasi hadir, telah tiba di Bali.

Diantaranya, ada Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte. Ia mendarat di Bali pada Senin (14/11/2022) malam sekitar pukul 23.00 WITA.

Sebelumnya, Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping beserta Madam Peng Liyuan tiba sekitar pukul 15.00 WITA.

Tak berselang lama, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga tiba di Bali, disusul kemudian oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron beberapa menit kemudian.

Sejumlah pemimpin negara juga telah tiba di Bali, di antaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Selain itu Presiden Persatuan Emirat Arab Mohammed Bin Zayed Al Nahyan, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Rwanda Paul Kagame juga telah tiba di Bali pada Senin (14/11). 

Sebagain delegasi juga sudah hadir sejak Minggu (13/11). Pemimpin negara yang tiba pada hari Minggu, di antaranya Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Tiga pemimpin negara yang masih ditunggu kehadirannya yaitu Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi, dan Perdana Menteri Saudi Arabia Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan persiapan pelaksanaan KTT berlangsung lancar.

"Semua lancar, tidak ada yang melenceng dari jadwal yang sudah ditetapkan," ungkapnya kepada media pada Senin (14/11/2022).

Pembukaan G20

KTT G20 akan dibuka dengan sambutan Presiden Joko Widodo kepada para kepala negara anggota G20 dan delegasi serta para undangan pada Selasa pagi di hotel The Apurva Kempinski, Bali

Kemudian akan dilanjutkan working group sesi I yang membahas food and energy security. Lalu ada pula pembahasan soal transformasi digital secara terpisah.

Baca juga: Berbincang Selama 3 Jam Lebih, Momen Pertemuan Bersejarah Joe Biden dengan Xi Jinping di Bali

Selanjutnya akan digelar working group sesi 2 yang membahas tema kesehatan setelah istirahat makan siang. 

Kegiatan KTT G20 hari ini akan diakhiri dengan resepsi penyambutan para delegasi. (*)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved