Kisah Isuzu Traga, Medium Pick Up yang Penjualannya Bak Kacang Goreng di Indonesia

Isuzu Traga ditenagai mesin diesel berkapasitas mumpuni, tipe 4JA1-L berkapasitas 2,5 liter direct injection dengan efisiensi bahan bakar yang baik.

Penulis: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS.COM/AMRIYONO
Medium pick up Isuzu Traga saat pertama kali diluncurkan di Ballroom XXI Jakarta, Senin 24 April 2018. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak diperkenalkan dan diluncurkan pertama kali secara world premiere di Indonesia pada 2018 lalu, Isuzu Traga menyodok di pasar medium pick up di Indonesia.

Selama 2020 lalu, penjualan Isuzu Traga tetap tinggi  yang mendorong kenaikan market share hampir dua kali lipat di masa pandemi, dari capaian yang diraih di 2019.

Presiden Direktur IAMI Ernando Demily di acara media gathering virtual, Rabu (11/2/2021) mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, penjualan Isuzu Traga malah melesat dengan volume penjualan total 6.700 unit dengan perolehan market share 30,6 persen di Indonesia.  

"Penjualan Traga naik dengan market share hampir dua kali lipat menjadi 30,6 persen," ujar Ernando Demily.

Sebagai perbandingan, Ernando Demily di Februari 2020 lalu pernah menyebut, penjualan Isuzu Traga year to date (Januari-Desember) di 2019 mencapai sebanyak 6.151 unit.

Ini artinya, masa pandemi Covid-19 yang membuat pasar kendaraan niaga turun, malah membuat penjualan Isuzu Traga melaju lebih kencang. 

Isuzu Traga siap ekspor di pabrik Isuzu di Karawang, Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).
Isuzu Traga siap ekspor di pabrik Isuzu di Karawang, Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). (TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI)

Sukses Traga ini tak lepas dari dukungan after sales Isuzu yang didukung dengan diler yang dilengkapi dengan bengkel yang mencapai 121 outlet di Indonesia.

Hal ini masih didukung pula dengan ketersediaan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) sebanyak 140-an unit serta dukungan 45 bengkel mitra dan 2.403 mitra bengkel.

Mesin

Bermain di segmen medium pick up, Isuzu Traga ditenagai mesin diesel berkapasitas mumpuni, tipe 4JA1-L berkapasitas 2,5 liter direct injection dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang baik.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 80 PS pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 191 Nm pada putaran rendah 1.800 rpm.

Untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, disambungkan dengan transmisi manual lima percepatan, model transmisi yang sama seperti digunakan di Isuzu D-Max.

Isuzu Traga siap ekspor.13
Isuzu Traga siap ekspor.

Rahasia sukses Traga juga tak lepas dari suku cadangnya yang pada beberapa item penting memiliki kesamaan dengan mesin diesel Isuzu Panther sehingga mudah ditemukan spare parts-nya di pasar.

Isuzu Traga menggunakan 68 persen komponen common use dengan product Isuzu lainnya, sehingga terjamin ketersediaan spare part-nya dan dipasarkan dengan harga yang affordable.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved